Kayu Putih

Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Kayu putih adalah pohon yang tingginya 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Batang pohonnya tidak terlalu besar dengan percabangan yang menggantung ke bawah. Daun tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentukjorong / lanset, panjang 4,5 – 15 cm, lebar 0,75 – 4 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata, tulang daun hampir sejajar. Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, bila diremas/ dimemarkan berbau minyak kayu putih.

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, diantaranya :

  • Anti Septic dan Bakteri : Minyak kayu putih ini sangat efisien dalam menanggulangi infeksi dari kuman, virus dan jamur, seperti tetanus, influenza dan penyakit-penyakit menular lainnya seperti kolera, tipus dan sebagainya. Sebagai obat luar digunakan untuk luka yang disebabkan besi yang berkarat agar terlindung dari tetanus.
  • Decongestant dan Expetorant : Kayu putih dapat dimanfaatkan untuk mengobatan gangguan pada hidung dan tenggorokan, organ pernapasan lainnya dan batuk serta infeksi lain yang menyebabkan radang tenggorokan dan bronchitis.
  • Kosmetik dan Tonik : bermanfaat untuk menghaluskan dan dan mencerahkan kulit dan bebas dari infeksi sehingga banyak dipergunakan untuk kosmetik, dapat mencegah infeksi pada kulit tersebut maka dipergunakan juga sebagai tonik (pelindung).
  • Perangsang dan Sudororific : Bermanfaat merangsang saraf-saraf pada tubuh, memberikan efek pemanasan dan mempelancar sirkulasi pengeluaran sehingga dapat membantu toksin dikeluarkan dari tubuh melalui saluran pengeluaran.
  • Analgesik : bermanfaat mengurangi rasa sakit seperti sakit gigi, sakit kepala, sakit pada persendian, otot , pilek, demam dan lain-lain.
  • Panas : bermanfaat untuk mengurangi demam yang disebabkan karena terjadinya infeksi dengan mengelurkannya melalui keringat sehingga bisa mendinginkan suhu tubuh.
  • Udara : bermanfaat untuk mengeluarkan angin bagi penderita yang masuk angin, mencegah masuk angin serta membantu mengeluarkan angin yang ada dalam perut melalui saluran pembuangan.
  • Anti Sakit Saraf : bermanfaat untuk mengatasi sakit sarat di sekitar daerah mulut termasuk tenggorokan, telinga, amandel, pangkal hidung, hulu tenggorokan dan sekitarnya. Sakit parah akibat konpresi di sekitar tenggorokan yang disebabkan makan premen, makanan, banyak tertawa dan berteriak.

Dengan minyak kayu putih dapat membantu mengurangi rasa sakit karena dapat mempelancar peredaran darah sehingga dapat mengurangi pembengkakan sehingga melonggarkan tekanan saraf-saraf di tenggorokan sehinga dapat membantu langsung di daerah sekitar sakit tersebut.

Komentar Anda :
  • Cindra Mayang ,
    Banyak manfaat dari kayu putih ternyata yahh...bisa juga untuk Rematik, nyeri pada tulang & saraf, radang usus, diare cara menggunakannya : rebus 9 gr daun kayu putih kering dalam 2 gls air, lalu saring airnya lalu diminum, Air rebusan dapat diminum 2x sehari masing2 1/2 gelas.
  • Amalia Indah C , Surabaya
    minyak kayu putih juga dapat untuk mengobati sakit batuk, caranya : Cuci bersih dua rimpang kencur, parut, lalu peras untuk diambil airnya. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Tambahkan sedikit air hangat dan satu sendok teh madu, kemudian diminum.
  • Eka Widianti , Bangko
    Cara sederhana yang efektif untuk menghindari infeksi saluran nafas adalah metode penguapan. Masukkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak eucalyptus asli ke air mendidih yang ditempatkan pad suatu wadah. Hirup uap minyak dan air sambil menutup kepala dengan selembar handuk untuk mencegah kehilangan uap. Setelah satu menit, hentikan dan dapat diulangi lagi tiga kali alam sehari.
  • enung nurjanah sp , bogor
    Hampir semua bagian tanaman ini (kulit batang, daun, ranting, dan buah kayu putih) dapat dimanfaatkan sebagai obat. daun kayu putih berkhasiat untuk menghilangkan bengkak dan menghilangkan nyeri (analgetika), radang usus, diare, reumatik, asma, radang kulit eczema, insomnia, dan sakit kepala.
  • Totok Pudyasdono ,
    SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS KAYU PUTIH: Kulit pohon: Tawar, netral. Penenang. Daun: Pedas, kelat, hangat. Menghilangkan sakit (analgetik), peluruh keringat (diaforetik), anti rheumatik, peluruh kentut (karminatif, pereda kolik (spasmolitik). Buah: Berbau aromatis dan pedas. Meningkatkan napsu makan (stomakik), karminatif, dan obat sakit perut
  • Titah Gumantining Nova Steillen , Pangkalan Bun
    minyak kayu putih juga bisa menghilangkan bintik merah karena gigitan serangga lho moms,,,,
  • Mulya Mulyani ,
    Anak-anak sering mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, maag, diare, sembelit, cacingan dll. Untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan anak-anak tersebut kita bisa membuat ramuan sendiri, lebih alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Ramuan ini terbuat dari bahan-bahan alami dan mudah didapat disekitar kita, dan juga mudah cara pembuatannya. Berikut ini cara untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak-anak: Untuk mengobati sakit perut: Bahan: 3/4 sdm Gula pasir, 3 tetes minyak kayu putih (lebih baik meggunakan minyak yg dibuat sendiri, jd tdk menganduk bahan kimia dan pewarna). Cara membuatnya: Gula dan minyak kayu putih dicampur menjadi satu, kemudian di minum. akan lebih baik jika diminum disertai minum 1 gelas teh manis. Dosis Pemakaian: -Anak Usia 3-5 th : 1/2 sdm -Anak Usia 5 th : 1 sdm
  • Mulya Mulyani ,
    Untuk Demam/mencegah Stuip pada anak. Caranya: Perasan 2-3 air jeruk nipis, 3 sendok makan minyak kelapa, 3 tetes minyak kayu putih, dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, dicampur jadi satu. Oleskan ke seluruh tubuh anak, terutama pergelangan tangan, kaki, perut, dan ketiak. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat.
  • Dewi kartika , Bandung
    Hampir semua bagian tanaman ini (kulit batang, daun, ranting, dan buah kayu putih) dapat dimanfaatkan sebagai obat. Secara empiric, daun kayu putih berkhasiat untuk menghilangkan bengkak dan menghilangkan nyeri (analgetika), radang usus, diare, reumatik, asma, radang kulit eczema, insomnia, dan sakit kepala. Daun dimanfaatkan untuk keperluan sendiri yang dengan sangat sederhanayaitu dengan disuling. Minyak atsiri, dapat dipergunakan terhadap radang cabang tenggorokan (dihirup)
  • enung nurjanah sp , bogor
    Kayu putih dapat digunakan untuk mengatasi gangguan rematik, nyeri pada tulang dan saraf , diare, perut kembung caranya adalah Rebus 9 g daun kayu putih kering dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air rebusannya lain minum. Air rebusan dapat diminum dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Dewi kartika , Bandung
    ada resep untuk Demam / Mencegah Stuip ( Pada anak ) Perasan 2 - 3 air jeruk nipis, 3 sendok makan minyak kelapa, 3 tetes minyak kayu putih, dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, dicampur jadi satu. Oleskan ramuan itu ke seluruh tubuh penderita, terutama pergelangan tangan, kaki, perut, dan ketiak. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat. 5. Flu
  • Dewi kartika , Bandung
    Hampir semua bagian tanaman ini (kulit batang, daun, ranting, dan buah kayu putih) dapat dimanfaatkan sebagai obat. Secara empiric, daun kayu putih berkhasiat untuk menghilangkan bengkak dan menghilangkan nyeri (analgetika), radang usus, diare, reumatik, asma, radang kulit eczema, insomnia, dan sakit kepala. Daun dimanfaatkan untuk keperluan sendiri yang dengan sangat sederhanayaitu dengan disuling. Minyak atsiri, dapat dipergunakan terhadap radang cabang tenggorokan (dihirup)
  • enung nurjanah sp , bogor
    tanaman dan minyak kayu putih dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk juga. tamanan kayu putih yang ditanam dalam pot dapat diletakkan disudut ruangan. minyak kayu putih dibalurkan pada kulit yang terbuka, tangan dan kaki, selain membuat hangat juga membuat nyamuk enggan mendekat...
  • rusdyanti Amalyah , kendari
    minyak kayu putih kini bisa di dapatkan dalam produk konicare. selalu ku bawa pada saat bpergian atau sehabis mandi. wangi dan memberikan rasa hangat pada tubuh
  • anna yellita , sukabumi
    minyak kayu putih bisa digunakan untuk menghilangkan demam pada anak.caranya:perasan 2-3 jeruk nipis,3 sendok makan minyak kelapa,3 tetes minyak kayu putih,3 siung b.merah(yg sudah ditumbuk halus).dicampur jd satu oleskan ramuan trsbt keseluruh tubuh terutama kaki,perut,ketiak .selimuti tubuhnya samapi keluar keringat.
  • Dyah Iyut , Surakarta
    Minyak kayu putih jg bisa menghilangkan keriput pada Kulit Perut (Bagi wanita sehabis melahirkan). Caranya tinggal campur 20 tetes minyak kayu putih, 1 sendok teh kapur sirih, dan 1 sendok teh air jeruk nipis, diaduk rata. Oleskan pada perut setiap hari selama beberapa minggu. Ini resep turun temurun dan aku pernah coba sehabis melahirkan.





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Gel Pengurang Gatal Konicare, Gatal ringan di kulit bisa menimbulkan masalah besar. Kalau digaruk bisa menimbulkan Iritasi atau bahkan berkas permanen di kulit. Jadi kalu kulit gatal, jangan digaruk, atasi dengan Gel Pengurang Gatal Konicare  
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...