Meniran adalah tumbuhan obat yang secara turun temurun digunakan untuk berbagi penyakit antara lain hepatitis, malaria, demam, batuk, diare, sariawan, hepertensi, epilepsi, kolik, batu ginjal dan penyakit kulit.

Tanaman perdu yang banyak tumbuh di daerah tropis ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut, tumbuh liar di daerah yang bertanah lembab, berpasir, tepi sungai, pantai atau di pekarangan rumah.

Tumbuhan ini berbatang tegak berukuran 30-60 cm, berdaun lonjong bersirip genap. Bunga berwarna kuning terdapat di ketiak daun menghadap ke bawah.

Meniran mengandung senyawa flavonoid, polifenol, saponin, lignin, isoignan dan alkaloida.

Khasiat meniran dapat mengobati hipertensi, batu ginjal, infeksi saluran kemih, anemia, diabetes mellitus, dan terapi ajuvan pada hepatitis B, tuberculosis, herpes zoster & ISPA.

Komentar Anda :
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Penelitian terbaru mengenai meniran ternyata bisa digunakan untuk penderita HIV AIDS ,dimana ekstrak meniran bersifat sebagai “adjuvant”, terutama untuk meningkatkan T-helpernya. Adjuvant artinya membantu dalam menanggulangi suatu infeksi. Selain diberikan obat standar, ditambah dengan stimulan. Dengan terapi adjuvant, proses penyembuhan penyakit bisa lebih cepat dan yang lebih penting adalah menghilangkan proses kekambuhan. Ektrak meniran dapat digunakan sebagai terapi adjuvant pada pengobatan infeksi yang membandel seperti infeksi virus, infeksi jamur, infeksi bakteri, intraseluler dan penyakit infeksi kronis lainnya. Ekstrak meniran ini bersifat membantu, bukan mengobati, penyembuhan HIV/AIDS. Setidaknya memperbaiki kualitas hidup dan memperpanjang umur penderita.
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Meniran bisa buat obat batuk. Cara nya : Siapkan 3 - 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun, bunga), Madu secukupnya. Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata. Diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Jerawat Bahan Utama: 7 Batang tanaman meniran Bahan Tambahan: 1 Rimpang umbi kunyit (4 cm). Cara membuat: Seluruh bahan dicuci sampai bersih dan ditumbuk sampai halus, Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum sekaligus, ulangi secara teratur setiap hari.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Batuk Bahan Utama: 3 - 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang,daun, bunga). Bahan tambahan: Madu secukupnya. Cara membuat: Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak,hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata. Cara menggunakan:diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari.
  • Eka Widianti , Bangko
    Sakit Gigi Akar meniran setelah dicuci bersih, lalu dikunyah-kunyah pada gigi yang sakit.
  • Eka Widianti , Bangko
    Menurunkan Berat Badan 5 tanaman meniran, 15 lembar daun jati belanda, 1 jari pule direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tingggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari.
  • enung nurjanah sp , bogor
    ramuan meniran dapat digunakan untuk pengobatan sakit kuning / hepatitis.caranya: Ambil 16 tanaman meniran, dan gunakan 2 gelas air susu. Cuci bersih tanaman meniran dengan menggunakan air. Rebus dengan air susu sebanyak 2 gelas. Didihkan hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut dan minum sekaligus. Dilakukan setiap hari hingga sembuh.
  • Mulya Mulyani ,
    Pengobatan Malaria dengan tumbuhan meniran. Bahan utama: 7 Batang tanaman Meniran lengkap. Bahan tambahan: 5 Biji bunga cengkeh kering, 1 potong kayu manis. Cara membuat: Seluruh bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari.
  • Totok Pudyasdono ,
    tuk Haid berlebihan * Bahan Utama: 3 – 7 potong akar Meniran kering * Bahan tambahan : 1 gelas air tajan * Cara membuat: bahan ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, Kemudian ditambah dengan 1 gelas air tajin dan diaduk sampai rata. * Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Mulya Mulyani ,
    Meniran adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit ginjal / gangguan ginjal spt: radang ginjal, batu empedu, kencing nanah. Bahan yg digunakan: 1 genggam daun Meniran segar, 1 rimpang Temulawak, 1 genggam daun Kumis Kucing segar, 4 gelas air, Gula Aren secukupnya. Cara membuat : Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari. Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu sesuai selera.
  • Eka Widianti , Bangko
    Ahli tanaman obat tradisional Prof Hembing, menawarkan penyembuhan hepatitis B dengan meniran. Resepnya, 60 gram daun meniran dicampur beberapa tanaman obat lain, lalu direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 200 cc. Air rebusan ini diminum dua kali sehari selama tujuh hari berturut-turut. belum ada obat modern yang sanggup menyembuhkan hepatitis B dengan jitu.
  • Novalia Asiana ,
    tanaman ini bisa membantu mencegah berbagai macam infeksi virus dan bakteri serta mendorong sistem kekebalan tubuh. Tanaman ini sudah diteliti dan diproduksi menjadi tablet peningkat daya tahan tubuh. Produknya telah diuji preklinis dan kilnis selama tiga tahun.
  • Eka Widianti , Bangko
    meniran jg dapat digunakan untuk obat malaria. Ambil 7 batang tanaman lengkap, 5 biji bunga cengkeh kering, 1 potong kayu manis kemudian dicuci bersih, lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Selanjutnya disaring dan diminum 2 kali sehari.
  • Mulya Mulyani ,
    Meniran jg bs untuk batu saluran kencing. Cara pemakaian: Cuci bersih masing-masing 30 gr meniran, daun sendok, dan tempuyung. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing 1 gelas, pagi dan sore hari.
  • Mulya Mulyani ,
    Meniran bisa digunakan sebagai penurun Panas/Demam. Caranya: Rebus 5 batang meniran dengan akarnya yg sdh dicuci bersih bersama 1 jari rimpang temulawak yang telah diiris tipis-tipis ke dalam 5 gelas air bersih, sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan sore hari.
  • Dewi kartika , Bandung
    Ektrak meniran dapat digunakan sebagai terapi adjuvant pada pengobatan infeksi yang membandel seperti infeksi virus, infeksi jamur, infeksi bakteri, intraseluler dan penyakit infeksi kronis lainnya. Ekstrak meniran ini bersifat membantu, bukan mengobati, penyembuhan HIV/AIDS. Setidaknya memperbaiki kualitas hidup dan memperpanjang umur penderita.
  • enung nurjanah sp , bogor
    meniran ternyata juga dapat meredakan gangguan batuk. caranya : ambil 3 – 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun, dan bunga, cuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai merata. kemudian diminum 2 kali sehari
  • enung nurjanah sp , bogor
    meniran juga dapat membuat kulit terbebas dari jerawat dan menjaga kulit tetap cantik lho...caranya : siapkan 7 Batang tanaman meniran, 1 Rimpang kunyit (4 cm), dicuci sampai bersih dan ditumbuk sampai halus. Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. selanjutnya disaring dan diminum sekaligus, ulangi secara teratur setiap hari.
  • ika daniarsari , Surabaya
    meniran juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. caranya Ambil satu genggam daun meniran yang terdiri dari akar, batang, dan daun. Tumbuk sampai halus. Kemudian rebus bersama dua gelas air bersih. Tunggu sampai menjadi setengah gelas. Minum sekali setiap hari.
  • Yulia Sofiani ,
    pantesan nenek saya sehat hingga menutup mata di usia nyaris 100 taun...seingat saya beliau juga rajin mengkonsumsi meniran. wahh saya juga mau ikutan ahh biar sehat
  • Ajeng Moetzz , Bandung
    meniran juga bisa mengobati jerawat lho...Bahan Utama: 7 Batang tanaman meniran. Bahan Tambahan: 1 Rimpang umbi kunyit (4 cm).Cara membuat: Seluruh bahan dicuci sampai bersih dan ditumbuk sampai halus, Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum sekaligus, ulangi secara teratur setiap hari.
  • Anis Bundanya Alief ,
    Kalau saya biasanya untuk obat batuk. 1 batang meniran termasuk daun dan akar dicuci sampai bersih. Lalu rebus dgn 3 sdm air matang sampai sisa hanya 1 sdm saja. Rebusan ditambah madu atau gula batu. Insya allah sembuh batuknya.
  • anna yellita , sukabumi
    ternyata meniran juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat lo.caranya:7 tanaman ( daun, batang, akar ) meniran, 1 ibu jari temulawak ditumbuk lalu direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sekaligus, setiap hari.
  • Dyah Iyut , Surakarta
    Sbg wanita yg setiap bulan mengalami nyeri haid bisa jadi solusi nih...caranya: 3 tanaman (daun, batang, akar) meniran, 1 ibu jari lengkuas, 1 ½ sendok teh ketumbar, 1 jari kunyit. Lengkuas dimemarkan, kunyit dikupas dan diiris tipis-tipis. Lalu, rebus semua bahan tsb dng 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari
  • Sri Solikhati ,
    selama ini aku belum tahu apa itu daun meniran,makasih ya artikelnya jadi tau nih meniran itu seperti apa
  • Indri Hapsari ,
    meniran juga baik untuk daya tahan tubuh. padahal sepert rumput liar, tapi ternyata banyak manfaat





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Gel Pengurang Gatal Konicare, Gatal ringan di kulit bisa menimbulkan masalah besar. Kalau digaruk bisa menimbulkan Iritasi atau bahkan berkas permanen di kulit. Jadi kalu kulit gatal, jangan digaruk, atasi dengan Gel Pengurang Gatal Konicare  
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...