Bantu Si Kecil Gemar Membaca

Kegemaran anak pada buku itu berawal dari kebiasaan. Jika mereka sudah suka memegang buku dan mencerna isinya, itu adalah tanda membaca adalah kegiatan mengasyikan bagi mereka, hingga akhirnya mereka ketagihan dan membutuhkan bacaan.

Atas dasar itu, membangun kebiasaan membaca seharusnya dimulai sejak sedini mungkin. Maklumlah, namanya kebiasaan, kalau anak sudah lebih besar biasanya makin sulit menularkan kebiasaan membaca.

Langkah awal tentunya dari kita sendiri sebagai orangtua. Kita tidak mungkin hanya sekadar memberi instruksi agar anak rajin membaca, sedangkan kita ogah-ogahan memegang buku. Manfaatkan perilaku anak yang suka meniru. Mereka akan meniru orang sekelilingnya yang suka membaca buku. Berikutnya, ciptakanlah atmosfir yang menggemari buku. Mulailah dari rumah, misalnya dengan membuat rasa nyaman bagi mereka untuk membaca. Bila suasana sudah mendukung, cobalah berinteraksi dengan si kecil lewat bahan bacaan. Tunjukkan berbagai buku bergambar menarik yang mampu membuat si kecil penasaran. Jelaskan juga sampul bukunya untuk mengajak anak ikutan menebak apa isi buku tersebut berdasarkan sampulnya saja.

Manfaatkan perilaku anak yang suka meniru. Mereka akan meniru orang sekelilingnya yang suka membaca buku.

Tentunya tidak ada salahnya mendongeng untuk mereka, dengan cara yang menarik seperti membubuhkan intonasi suara. Agar daya pikirnya makin tajam, sebaiknya hubungkan isi buku yang dibaca dengan realitas sehari-hari. Dengan begitu si kecil akan belajar berlogika dan membangun daya kritisnya dari informasi yang di dapatnya dari buku. Oh ya satu lagi, berikan variasi bacaan padanya sehingga tak bosan ya...

Kontribusi dari keluarga
Vany Wulan Sari
di jakarta
Komentar Anda :
  • Yolina , Solo
    Betul, kl disekelilingnya gemar membaca, si anak akan menirunya dan akan menyukainya.
  • Ping Fong (PING PONG) , MEDAN
    Siiippp info nya...thanks bangett Konicare
  • Zami Mira ,
    aku sudah memulai mengasah kemampuan mengenal huruf anakku sejak dini agar budaya membaca pada ankkku jadi kebiasaan yang positif
  • Novi Andiana , Surabaya
    Kalau dari kecil kita sebagai orang tua sudah membiasakan anak-anak dekat dengan buku-buku, maka otomatis mereka akan gemar membaca. Memberi contoh kepada anak bahwa membaca adalah hal yang sangat menyenangkan dengan membacakan cerita-cerita itu akan membuat anak gemar membaca.
  • Sri Maryati , YOGYAKARTA
    Membaca / mengenal huruf lebih baik kita kenalkan dari kecil bunda karena anak akan lebih cepat berbicara /paham jika sudah mulai belajar mengucapkan kata kata
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Membaca emang harus di tanamkan sejak dini,dengan gemar membaca buku kita bisa menambah wawasan.karena buku adalah jendela dunia.Tp sayang dengan berkembang nya zaman anak2 zaman sekarang jadi malas membaca buku,dia sudah mengenal internet,video game dan social networking
  • Eka Widianti , Bangko
    Banyak film yang ceritanya berasal dari sebuah buku. Cari buku-buku yang memiliki versi film. Anda dapat menontonnya bersama, setelah buku selesai dibaca si kecil. Lalu, bandingkan versi buku dan versi film. Hal ini akan membuat kegiatan membaca lebih seru dan menyenangkan.
  • Eka Widianti , Bangko
    5 Tips Agar si Kecil Gemar Membaca". Kunjungi Toko Buku Secara Rutin. Dampingi Anak Ketika Memilih Buku Ajari Anak Mencintai Buku. Menceritakan Isi Buku. Buatlah Permainan yang Berhubungan dengan Buku dan Kegiatan Membaca.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Untuk permulaan agar si kecil mau membaca n membuka buku,saya belikan buku cerita bergambar.Kemudian saya belikan gambar2 hewan,kendaraan atau gambar lainnya yang menerik si kecil untuk melihatnya n berusaha ingin tahu nama2 gambar tersebut.gambar2 tersebut saya tempelkan di dinding2 kamar si kecil.
  • Siti Qomariyah , Sleman
    anakku sekarang baru 2 tahun tapi untuk urusan membaca menterjemahkan gambar dia dah seperti anak TK lho..itu berawal dari seringnya dia liat buku-buku anak TK trus dibuka2 deh,n sekarang membaca jadi hobi dia
  • Aghistna Novia ,
    anak kecil memang perlu kita ajari abjad,, sambil nyanyi A, B , C ,D,, atau ,1, 2 ,3 ,pasti anak kecil sangat suka skali kalau belajar diselingi nyanyian akan tambah semngat belajarnya
  • Amalia Indah C , Surabaya
    walau bima baru 2 tahun tetapi dari kecil saya selalu membacakan cerita, walau belum mengerti maksudnya tetapi bima mendengarkan dengan antusias. karena kebiasaan itu bima selalu menyodorkan buka cerita untuk saya bacakan. memang benar dengan kebiasaan anak akan dengan hati emmbaca buka tanpa harus dipaksa.
  • enung nurjanah sp , bogor
    salah satu upaya agar anak gemar membaca adalah dengan membacakan cerita secara berkala. Sediakan waktu secara tertentu untuk membacakan cerita yang menarik untuk anak. Misalnya, sebelum tidur atau diwaktu santai. Carilah cerita yang menyenangkan dan bacakan dengan cara yang menarik. Jika memungkin buatlah alat peraga yang sederhana untuk menunjang cerita tersebut, seperti mainannya.
  • Indri Hapsari ,
    yukk jadi bunda cerdas, selain mengajarkannya untuk membaca. Ajarkan pula untuk merawat buku-bukunya. banyak anak yang suka merobek bukunya untuk mainan. Sayang han kalau dirobek :)
  • Mulya Mulyani ,
    Semakin dini usia anak, berarti buku dengan porsi gambar lebih banyak, akan lebih baik. Gambar-gambar yang ada akan menstimulasi anak untuk membuat cerita atau mengarang cerita. Coba ajukan pertanyaan, gambarkan dengan ilustrasi, dan bagaimana kesemuanya itu berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Biarkan ia bebas berimajinasi dengan cerita-cerita tersebut.
  • Mulya Mulyani ,
    Bayi sudah mulai menyukai buku, maka kita bisa mulai dengan buku bergambar. Saat ini, banyak buku-buku yang menarik untuk usia-usia balita. Cobalah ke toko buku bersama si kecil, lalu tawarkan beberapa buku atau biarkan ia memilihnya sendiri. Kita bisa juga mulai mengenalkan buku pada si kecil dengan cara membacakan buku di sampingnya.
  • enung nurjanah sp , bogor
    Membaca dengan suara keras membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan dan menjadi memori tersendiri bagi si anak, terutama saat membaca buku-buku yang mereka sukai dan yang memiliki topik menarik. Saat Anda membaca, Anda bisa mengubah suara, mengikuti bunyi alat musik, sehingga anak akan mudah terangsang dan tertarik. Membacakan buku untuk anak perlu dilakukan sesering mungkin. Jadikan waktu membaca menjadi sebuah ritual (kegiatan rutin), misalnya setelah mandi, sebelum tidur siang atau tidur malam.
  • Ikka Punya Nevan ,
    untuk anak yang masih belum bisa membaca,,, bisa lho diajarkan melihat gambar2,, untuk mengenal macam2 buah, warna , hewan... membaca sangat cepat sekali merangsang otak sikecil,, apalagi buat bunda yang biasa memberikan cerita sebelum tidur... biasanya anak akan relatif lebih cerdas
  • Eka Oktaviani , Malang
    Sheehan (15 m) sudah aku belikan buku dan aku ajak ke toko buku. walau belum bisa membaca, tp dia bisa melihat gambar-gambar di buku. so, sambil mengajarkan tentang nama-nama benda yg ada di buku. :)
  • Dennisa Icha ,
    Mengajarkan anak untuk gemar membaca bisa dimulai sejak bayi lho... Saya menggunakan metode flashcard pada anak saya. Saya juga sering membacakan buku sebelum ia tidur. Banyak teman saya bilang, "lho, anakmu kan masih bayi, emang ngerti?" Saya jawab, "ini adalah stimulasi, saya ingin anak saya memiliki kosakata yg banyak, dan juga suka membaca di kemudian hari." Dan wow, subhanallah....di usianya yg baru 18 bulan, putri saya sudah memiliki perbendaharaan kata yg banyak, dan ia juga suka pada buku. Nah, Moms, yuk ajari si kecil suka membaca sejak kecil!
  • Eka Widianti , Bangko
    Buku cerita yang cocok untuk balita adalah yang memiliki banyak gambar dengan tulisan yang sedikit. Gambar yang berwarna akan lebih menarik daripada gambar yang hitam putih. Biarkan anak memilih sendiri buku yang ingin dibacanya, sehingga ia lebih antusias dalam membaca.
  • Eka Widianti , Bangko
    tips agar anak cinta buku:Meminta si anak untuk "membaca" cerita, Bermain tebak-tebakan cerita, Membacakan cerita secara berkala, Memberi buku-buku cerita yang menarik, Dengan mengajak bermain huruf dan angka, Membacakan apa saja, Memperlihatkan asyiknya membaca, Ciptakan suatu tokoh, Membuat buku cerita bersama.
  • Eka Widianti , Bangko
    Kemampuan dan kemauan membaca serta mencintai buku sangat penting ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Karena dengan kegiatan membaca bersama dengan anak merupakan kegiatan yang sangat penting untuk pembentukan dasar diri si kecil serta untuk keseluruhan proses belajar si anak nantinya.





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Tahukah anda? Debu dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan Si kecil bisa ada dimana saja, termasuk di rumah Ibu yang tertutup dan terlihat bersih. Pastikan Ibu selalu memakai Gel Pembersih Tangan Konicare sebelum menyentuh Sang Buah Hati
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...