Tips Mengatasi Masalah Konstipasi Pada Bayi (1-12 bulan)

Memberikan lebih banyak cairan seperti air putih, susu atau jika bayi berusia di atas empat  bulan, dapat diberikan jus buah yang diencerkan.

  • Olahraga. Cobalah melakukan exercise atau olah raga kecil dengan cara menekuk lutut bayi ke arah perutnya secara lembut beberapa kali, sehingga hal tersebut akan membantu bayi untuk mengeluarkan feses.
  • Memandikan bayi dengan air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat bayi merasa nyaman.
  • Mengoleskan lotion  atau baby oil di daerah sekitar anus bayi. Dengan mengoleskan lotion atau baby oil maka daerah di sekitar anus bayi akan menjadi lebih lembut dan tidak terasa kaku.
  • Setelah bayi mulai makan padat, berikanlah lebih banyak makanan yang berserat dari buah dan sayuran. Mulailah membiasakan anak menyukai makan sayur dan buah yang kaya serat alami sejak bayi, agar kelak mereka sadar bahwa semua itu sangat berguna menjaga kesehatan tubuh.

 

Komentar Anda :
  • Zami Mira ,
    aku selalu memperhatikan si kecil khususnya BAB,blm pernah nyoba obat pencahar paling aku olesi minyak disekitar anusnya agar tidak lecet ataupun berdarah
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    kalo saya sering menambahkan madu sebanyak 1 sendok teh kedalam botol su2 si kecil,juga saya suapin pisang kepok n nasi,tapi sudah di lembutkan.bagus untuk pencernaan si kecil.
  • Eka Widianti , Bangko
    Tambahkan satu sendok teh sirup dalam botol susu formula bayi. Sirup akan menyerap air di sepanjang saluran pencernaan anak dan dengan demikian menjaga tinja tetap lembab sehingga mudah dikeluarkan
  • Trisanti Lia O ,
    pijat bayi jg membantu mencegah konstipasi dgn teratur memijat bagian perut dgn lembut searah jarum jam dan pijatan I Love U. Selama ini bayi sy blm pernah konstipasi, mudah2an ke depannya jg enggak^^
  • enung nurjanah sp , bogor
    selain mengatur pola makan anak, yaitu menambahkan buah dan sayur sebagai sumber serat, dapat pula mengajari anak, tentang posisi yang dapat membantu mempermudah Buang Air Besar, yaitu dengan cara menekuk paha ke arah perut (jongkok), sehingga menaikkan tekanan dalam rongga perut.
  • Uut Ujiya Ningsih , klaten
    anakku pernah mengalami seperti itu pup nya keras banget nggak bisa keluar sampai 1 jam,aku bingung banget terus kata nenekku anusnya di kasih sabun,tetep nggak bisa keluar,sampai aku ikut ngejan(ngeden)pengen nangis ngelihat anakku nangis kesakitan akhirnya perutnya aku olesin minyak kayu putih,kasih minum air putih lalu aku suruh jongkok alhamdulillah keluar pupnya.
  • Mulya Mulyani ,
    Sembelit sering terjadi pada bayi yang mendapat susu formula, bukan ASI. Berikut ini adalah Tips cepat mengatasi sembelit pada anak: 1. Beri jus buah atau bubur buah yang encer. 2. Berikan bayi air putih lebih sering atau susu skim yang telah didihkan. 3. Berikan bubur atau makanan tim dengan komposisi sayuran dan buah-buahan lebih banyak seperti pepaya dan bayam. 4. Jika masih sembelit, tambahkan gula dalam minuman hariannya. Penambahan 1 sdm gula setiap hari dapat menolong keadaan. Penambahan gula ini hanya boleh diberikan saat bayi sembelit. jika sudah normal, hentikan pemberiannya. 5. Bagi bayi yang menjadi mencret (diare) setelah diberi gula dengan takaran tersebut, hal itu pertanda bayi tidak tahan terhadap rasa manis. Kurangi jumlah gula yang diberikan atau hentikan sama sekali jika mencret berlangsung terus menerus. 6. Jika cara-cara sederhana ini tidak berhasil, bahkan tinja terlalu keras, sehingga sangat sulit keluar dan ada darah di bagian luar tinja, segera konsultasikan dengan dokter anak ya bunda.
  • Eka Widianti , Bangko
    Bayi yang cukup mengkonsumsi ASI umumnya tidak bermasalah dengan buang air besarnya dan jarang dijumpai kasus sembelit. Demikian juga pada bayi yang sudah mendapat makanan tambahan (makanan padat pendamping ASI), lebih jarang lagi mengalami sembelit, selama makanannya cukup mengandung serat (dietary fiber). Makanan padat pertama berupa bubur susu. Usus bekerja lebih giat apabila makanan harian sudah mulai ada isinya (berbungkah, bulk). Kita tahu makanan pokok bayi awalnya hanya cair (ASI), dan bukan makanan (yang bersifat padat, berisi).
  • Eka Widianti , Bangko
    Cara membuat obat alami sebelit pada anak bayi yaitu dengan mengambil lendir dari beberapa daun bawang yang dicacah (potong kecil-kecil) setelah dicuci dengan air bersih. Lendir daun bawang tersebut dioleskan pada bagian pinggang, perut, dan punggung sering-sering agar masalah sembelit dapat teratasi
  • enung nurjanah sp , bogor
    untuk mengatasi sembelit adalah dengan menambahkan makanan berserat ke dalam menu bayi dan balita. Serat dapat melembutkan feses dengan menyerap air ke feses dan membuatnya berbentuk dan mudah untuk lewat. Makanan berserat untuk bayi yang lebih tua adalah sereal, biskuit terigu, roti dan biskuit dari gandum, sayuran kaya serat seperti kacang polong, brokoli, serta buncis. Buah-buahan sebagai pencuci perut adalah buah aprikot, pir, prem, dan peach.
  • Hendry Wijayanti , Pati
    Menurut informasi yg sy dapat kalau bayi Full ASI 0-6 bulan gak BAB hingga 14 hari masih gakpapa karena ASI terserap sempurna di tubuh bayi. Sebaiknya bundanya yg bnyk makan makanan kaya serat (buah dan sayur). Setelah 6 bulan keatas jus pear bisa memperlancar BAB. Dan buah pisang malah bisa memicu sembelit.
  • Dewi kartika , Bandung
    Jika bayi Anda mengalami sembelit, atasi dengan: Pastikan bayi Anda mendapatkan cukup cairan Beberapa bayi mengalami sembelit akibat minum susu formula. Sebaiknya bayi tetap diberi ASI, atau ganti susu formula Anda dengan susu formula nabati. Pijat perut bayi dengan lembut searah jarum jam. Jangan lupa gunakan baby oil saat memijat. Jangan sembarangan memberi obat pencahar, konsultasikan dengan dokter.
  • Dewi kartika , Bandung
    Sembelit memang jarang terjadi pada bayi baru lahir, apalagi yang diberi ASI. Hal ini karena dalam ASI memiliki kadar laktosa yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya konstipasi. Namun, pada bayi baru lahir yang diberikan susu formula, konstipasi atau sembelit mungkin saja terjadi. Sedangkan pada bayi usia 6 bulan, sembelit biasa terjadi karena bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya.
  • enung nurjanah sp , bogor
    jika bayi anda mengalami sembelit jangan dibiarkan bunda, dalam dampak jangka panjang, kotoran yang menumpuk di dalam usus dapat menyebabkan infeksi. tangani dengan serius misalnya dengan memberikan asupan cairan yang cukup baik berupa air putih, susu, maupun jus buah yang tidak berasa asam.
  • Crecentia Kristyawati ,
    buah dan sayur bentu atasi sembelit pada bayi..
  • Satsuki Wirastri Ueto ,
    Manfaat serat dr buah mmg trbukti. Sebelum usia 6 bln, pup dr babyku sering keras dan tidak rutin. Tp setelah 6 bln, karena tlh wktunya memberi makanan padat saya mmberinya buah pisang kerok dan perasan jeruk baby. Alhasil skrg pup nya rutin setiap hari dan jrg smpai ngeden.
  • silvia lindasari , malang
    anakq jg lge sembelit nich..trus q olesin daerah sekitar anus dgn baby oil...bebrapa jam kmdian anakq BAB..
  • Sri Solikhati ,
    pernah anakku 3 hari g pup akhirnya sama dokter di kasih obat yg dari anus kasian sekali,makasih infonya berguna sekali nih





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Gel Pengurang Gatal Konicare, Gatal ringan di kulit bisa menimbulkan masalah besar. Kalau digaruk bisa menimbulkan Iritasi atau bahkan berkas permanen di kulit. Jadi kalu kulit gatal, jangan digaruk, atasi dengan Gel Pengurang Gatal Konicare  
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...