Fakta Menarik Seputar Bedong

  1. Bedong dipercaya dapat meluruskan kaki bayi yang bengkok.

    Faktanya
    : Sebenarnya, antara kaki bengkok dengan bedong tidak ada hubungannya sama sekali. Semua kaki bayi memang bengkok. Semakin lama, tulang bayi semakin kuat sehingga menjadi lurus dengan sendirinya. Seperti itulah perkembangan fisiologis kaki manusia. Kain bedong yang membalut tubuh bayi malah dapat menghalangi pergerakan tangan dan kaki bayi sehingga mengganggu perkembangan motoriknya.
     
  2. Bedong dapat membuat anak tidak mudah kaget.

    Faktanya
    : Sementara itu, anggapan bahwa dengan dibedong anak menjadi tidak kagetan juga belum teruji secara ilmiah. Kaget saat bayi tidur adalah gerak refleks moro, dan itu wajar terjadi. Sekalipun dia dibedong, refleks moro tetap akan terjadi, hanya saja tidak kelihatan karena tertahan oleh bedong.
     
  3. Bedong juga dipercaya membuat bayi tidak cepat masuk angin serta dapat tidur nyenyak.

    Faktanya
    : Bayi seperti dipeluk, merasa nyaman, dan hangat karena dibedong. Hal yang harus dijaga adalah sebaiknya bedong tidak terlalu kuat karena akan menghambat gerakan bayi dan membuatnya susah bernapas. Membedong bayi sebaiknya dilakukan hanya setelah memandikan bayi atau pada saat suhu udara luar dingin, dengan harapan tubuh bayi akan tetap hangat.
Komentar Anda :
  • Rina Tjhia , Singkawang
    Bedong.memang berfungsi agar baby merasa dipeluk.mengingat 9 bulan baby didalm perut pasti rasanya hangat terus.dan tiba2 harus menerima hembusan angin dan tiba2 bisa bergerak bebas bisa kaget.jadi bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan kedepan dibedong untuk memberikan waktu bayi menyesuaikan diri dan bayi tetap hangat
  • Neyna Luph Lee , DKI Jakarta
    menurut saya itu mitos...anak2 di LN tdk pernah dibedong justru tumbangnya bagus...kaki bengkok itu bs genetik tp mmg ada pula krn pospak yg trlalu intensif jd mmpengaruhi pertumbuhan tulangnya dan anak terbiasa
  • wiwik tri hastuti , cilegon
    Daripada menyelimuti bayi, penelitian kedokteran menunjukkan manfaat yang luar biasa untuk membedong bayi dengan nyaman agar ia merasa hangat dan tidur pulas, mencegah bayi menggerakan tubuhnya sehingga tidur tengkurap (yang bisa membuat ia tidak bisa bernafas). Bayi tidak cukup terkoordinasi untuk melatih keterampilan motorik atau menenangkan diri sendiri sampai 14 minggu pertama. Bedong adalah pengganti selama waktu ini untuk membatasi gerak refleks, sehingga mencegah gerakan mengejutkan yang tidak diinginkan dan wajah tergores. Penelitian bedong bayi telah menunjukkan bahwa bedong bayi tidak menghambat penyerapan oksigen oleh paru-paru atau mengganggu pernafasan. Dan, tidak ada insiden mati lemas karena bedong yang pernah dilaporkan.
  • Asmawatie Xu , Tangerang
    klo menurut saya bayi akan tidur lebih tenang dan nyenyak klo di bedong karena mungkin saat di dalam kandungan bayi juga tidak begitu bebas bergerak jadi dia pasti akan sering kaget klo tidak di bedong, dan itu juga paling tidak berlangsung lama, anak saya hanya 1 bulan di bedong dan setelah itu dia gak mau lagi, mungkin sudah merasa lebih bisa menyesuaikan dengan dunia barunya dan ingin mulai bebas bergerak....
  • Mulya Mulyani ,
    Sebelum membedong bayi: * Kenakan baju yang nyaman pada bayi sebelum dibedong. Baju sebaiknya dari bahan lembut dan menyerap keringat. Di beberapa negara, bayi yang akan dibedong tidak dipakaikan baju sama sekali karena bedong sudah membuat tubuhnya hangat. * Berikan sedikit ruang antara tubuh dengan bahan bedong, sehingga tangan dan kaki bayi dapat tetap bergerak walaupun terbatas. Namun perhatikan, bagian perut sebaiknya sedikit lebih rapat karena dapat menghindarkan bayi dari kembung di perut. * Perhatikan bayi Anda. Ada bayi yang memang senang dibedong hingga tidurnya lelap, tetapi ada juga yang tidak senang dibedong. Bila bayi Anda tetap dapat tidur nyenyak meski tidak dibedong, maka Anda tak perlu membedongnya. Bila bayi Anda sebenarnya senang dibedong tapi ia ingin tangannya tetap bergerak bebas, lakukan pembedongan di bawah area ketiaknya.
  • Mulya Mulyani ,
    Hasil penelitian terbaru mengungkap fakta: bayi yang dibedong dengan tangan merapat pada tubuh, justru merasakan kenyamanan bagaikan masih di dalam rahim ibu. Bayi yang sering menangis dan terbangun, karena terkejut dengan gerakan tubuhnya sendiri yang belum terkontrol, disebut hynogogic startles atau Refleks Moro, juga akan tidur lebih lelap dan lama apabila tubuhnya dibedong. Selain itu, pembedongan memudahkan ibu menyusui bayi pada fase awal pemberian ASI. Berkat dibedong, bayi pun terhindar dari terkena perut kembung. Kain bedong sangat penting, sebab harus tetap memberi kenyamanan pada bayi. Selendang batik kuat dan adem. Sedangkan kain dari bahan flannel mampu menghangatkan tubuh bayi. Intinya, pilih bahan lembut dan tidak panas, idealnya dari serat alami.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    menurut saya bayi memeng harus di bedong terutama yg baru lahir.yang pertama biar badanya tetap hangat n tidurnya pulas.yg kedua menurut saya biar badannya lurus,kalau tdr tidak di bedong,arah badanx jadi kemana2,terutama kepala,kalo di biarin menceng2,dan g di atur n itu terus menerus,bisa penceng2 sungguan badan n kepalanya..
  • Ana Marita , Jakarta Selatan
    kalau bedong bagi saya manfaatnya bisa menghangatkan bayi. tapi kebetukan anak saya sejak lahir kurang suka di bedong keseluruhan karena kaki dan tangannya keluar terus. makanya saya membedong badannya saja tangannya di biarkan keluar untuk bebeas bergerak, sedangkan bagian bawah di beri celan panjang dan kaus kaki.
  • enung nurjanah sp , bogor
    manfaat utama yang ingin diperoleh dari bedong adalah untuk membuat bayi merasa nyaman dan aman. tapi harus diingat jangan membedong bayi dengan terlalu ketat ataupun menggunakan beberapa lapis kain. Bedong yang ketat (apalagi berlapis) akan membuat bayi kepanasan (overheated) dan dapat meningkatkan resiko pneumonia serta infeksi saluran pernafasan akut lainnya akibat paru-paru bayi tidak dapat mengembang sempurna ketika ia bernafas.
  • Dian shinta Lucyana , Tangerang Selatan
    kalau menurut saya mungkin ada benarnya juga kalau anak dibedong akan memberi kehangatan dan tidak nudah kaget. tapi utk anak kedua saya mitos ini tidak berlaku, karena dari lahir kami masih di rumah sakit tiap anak saya ingin di bedong dia pasti akan menjerit seperti sedang kesakitan tp begitu bedong dilepas dia akan langsung diam. maka dari itu anak kedua saya tidak pernah di bedong sama sekali dan syukurlah sampai sekarang usianya 5 tahun tidak ada keluhan apapun pada anak saya.
  • Mulya Mulyani ,
    Tdk semua bayi senang di bedong. Ada bayi yg sejak semula memang sama sekali tdk suka dibedong. Beberapa bayi mungkin hanya mau dibedong selama 2 minggu. Tapi beberapa bayi lain, meski sudah berusia 2 bulan atau lebih, masih senang dibedong ketika tidur. Dan ada pula bayi sebenarnya senang dibedong, hanya saja ia lebih senang jika kedua tangannya dibiarkan bebas. Untuk ini, Anda dapat membedong si kecil dari ketiak ke bawah, agar ia tetap merasa hangat namun ia dapat bebas bermain-main dengan kedua tangannya.
  • enung nurjanah sp , bogor
    dengan membedong, bayi akan merasa seperti selalu dipeluk. dan hal ini akan membuatnya merasa lebih aman dan nyaman. Membedong juga bukan untuk ’meluruskan’ kaki bayi. Semua bayi baru lahir, kakinya memang terlihat sedikit bengkok, hal itu norma, karena selama dalam kandungan (kurang lebih 40 mg) ruangnya memang terbatas, ia selalu dalam posisi meringkuk. Dalam beberapa bulan setelah lahir, dan tanpa dibedong pun, kedua kaki bayi akan ’lurus’ dengan sendirinya dan berbentuk normal.
  • Dewi kartika , Bandung
    Membedong bayi bukan hanya bermanfaat untuk menghangatkan bayi namun juga mengurangi resiko terjadinya SIDS atau kematian mendadak pada bayi saat tidur. Dengan membedongnya, bayi akan berada pada posisi terlentang saat tidur. Bedong bayi dapat dilakukan dari semenjak anak lahir hingga mereka bisa menggulingkan badannya.
  • wita kristiana , Palangkaraya
    tetapi pada umumya ketika anak pertama dan kedua lahir,perawat selalu membendong anak saya ,alasannya sama seperti poin 1,2 dan 3....dan aku pun merasa setuju juga
  • Septi Gitawardani , Bandar Lampung
    share y bun. di luar negeri g ada tradisi bedong kan mom, tp terbukti kaki mereka fine3 aja :)
  • Mervin Tri Hadianto ,
    Pada bayi usia 0-3 bulan, kadang bedong efektif untuk menenangkan bayi yang sangat rewel, karena sebenarnya ada Trimester 4. Jadi bedong membuat suasana bayi mirip dalam kandungan, apalagi ditambah white noise yang menyesuaikan dengan suara aliran darah plasenta. Pengalaman saya, bayi dengan bedong akan mudah tidur saat sangat rewel.
  • anna yellita , sukabumi
    setuju banget klo bedong ga ada hubungannya sama kaki bengkok,klo dibedong kasian bayinya jd ga bebas bergerak anaku ga dibedong tp kakkinya ga bengkok paling wktu bayi cuma ditutupi aja pake kain pernel...
  • Tree Ika ,
    kalo anak saya, saya bedong tapi ga kuat banget kayak orang tua jaman dulu, ya asal ketutup aja biar badan bayi hangat, soalnya cuaca di tempat saya juga lumayan dingin.
  • Triya Arisanti , Cirebon
    Anak ku kl d bedong paling lama 1 jam karena dia g betah.
  • Hepi Palupi , Sukoharjo
    anak saya ga pernah di bedong soalnya cuacanya saat itu puanas bangettt musim kemarau, kasian kalo di bedong kayanya gerah banget, ga betah...dianya malah rewel....
  • Princess Brigita ,
    yup..bedong juga membuat si kecil merasa lebih hangat.karena tubuhnya yg tadinya hidup dalam tubuh dan suhu kita kan juga pasti butuh penyesuaian diri dengan dunia ini =)
  • Lia Jasmine ,
    tapi sayangnya anakku dari kecil susah di bedongnya palingan waktu itu cuma semingguan dia di bedong.
  • Iyus Ruchdiana , Depok
    Saya juga tidak membedong anak saya ketika pulang ke rumah sekitar usia 5 hari begitu. Dianya tidak betah, tangannya keluar-keluar terus...:-D
  • Reny Diana , Malang
    Memang benar,kalo menurut dokter bayi tidak boleh di bedong,tapi kalo nurut ortu jaman dulu,wajib tuh d bedong,karena alasan biar kaki bayi lurus & juga tidurnya nyenyak...kalo saya selama itu baik buat si kecil ya saya nurut aja...
  • Rosa Limar , Bekasi Barat
    Menurut saya poin 3 dan 4 memang ada benarnya, bayi akan tidur lebih pulas pd saat dibedong agar gerakan refleks sibayi tertahan oleh bedong.





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Tahukah Anda? Pendingin udara meski diatur pada suhu normal, dapat menyebabkan si Kecil masuk angin saat ia tertidur. Usapkan Minyak Kayu Putih Konicare sebelum tidur. Hangatnya memberikan kenyamanan tidur sepanjang malam untuk si Kecil dan mencegah perut kembung.
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...