Menggunduli Rambut Bayi Agar Menjadi Tebal

Banyak kepercayaan dalam masyarakat yang menganggap bahwa menggunduli rambut bayi berusia di atas 40 hari dapat membantu untuk menebalkan rambut bayi yang tadinya tipis dan tidak lebat.

Faktanya: Dalam ilmu biologi, sesuatu yang tumbuh seperti halnya rumput atau daun, jika dipangkas, maka akan tumbuh lebih cepat. Begitu juga dengan rambut. Jadi, mitos ini mungkin ada benarnya. Tradisi tersebut bertujuan agar rambut bawaan dari rahim rontok dan digantikan dengan rambut baru yang lebih lebat. Hanya saja perlu diketahui, sekalipun tidak digunduli, rambut bayi bisa saja tumbuh tebal kalau memang gen yang dibawa memang demikian. Demikian sebaliknya, jika gen yang dibawa memang tidak lebat maka menggunduli rambut anak tidak akan ada efeknya.

Apabila Anda termasuk orangtua yang membawa gen rambut kurang tebal, maka ada bebarapa cara yang bisa digunakan untuk menebalkan rambut anak Anda, seperti banyak mengkonsumsi sari kacang hijau atau susu kedelai agar ASI yang diminum bayi akan mempengaruhi kesuburan dan pertumbuhan rambutnya. Atau cara lainnya adalah dengan rajin menggosok-gosokkan lidah buaya atau kemiri (bakar) yang sudah dihancurkan. Atau coba menggunakan minyak cem ceman dan gosokkan pada kulit kepala bayi.

Komentar Anda :
  • sulastri mulianingsih , bakasi
    Hmm..rambut anakku skrg tumbuhnya tipis,sdkit,tidak merata. Mudah2an seiring ketelatenan q memakaikan dy sampo n lotion rambut yg ada kndungan lidah buaya,kemiri n sledri,,kdpannya bs tumbuh hitam n lebat,amien.
  • desy sulistiyowati , bogor
    aku menggunduli anak ku pas umur 40hr dan 6bln memang setelah digundul lebih kelihatan tebal. tp kalo sekarang hanya dicukur aja, sama juga lbh tebal selain itu juga aku kasih minyak kemiri ..
  • Sri Maryati , YOGYAKARTA
    benar juga ,pernah saya praktekan pada si kakak ,rambutnya tumbuh tipis aq gundul sekali lagi dan di rawat dengan shampo bayi ternyata tumbuhnya lebih banyak dari sebelumnya
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Menggunduli rambut bayi sangat bagus untuk membersihkan kepala bayi dari kotoran atau lemak yang menempel di kepala saat bayi dilahirkan. Dengan begitu maka kepala bayi akan bersih dan menghindari kemungkinan munculnya penyakit akibat rambut yang tidak bersih. Selain itu membersihkan rambut pada bayi bisa di lakukan dengan sering keramas sampbil memijat kuilt kepala bayi pelan2.hal ini bisa membuat bayi jadi lebih rileks dan nyaman
  • siska aryani , sleman
    gen memang sangat mempengaruhi, saya dan suami yang memiliki rambut tipis, si kecil juga memiliki rambut tipis, mitos2 tentang kesuburan rambut untuk si kecil pun di lakoni, di usapkannya lidah buaya di rambut si kecil, sledri, embun pagi hari.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    dulu waktu si kecil berumur 40 hari,badanya panas sekali dan muncul bintik2 berair di seluruh tubuh,terutama di kepala di sekitar rambut,akhirnya saya gundulin saja,gara2 di gundulin, bintik2 berair di kepala pada pecah n krn tidak tertutup rambut,lukanya cepat sembuh,tapi saya kuatir juga,takut rambutnya g tumbuh krn banyak bekas luka2.Tapi perkiraan saya meleset,sekarang rambut si kecil tumbuh lebat n panjang
  • Mulya Mulyani ,
    Pada dasarnya, kulit bayi belum berfungsi secara sempurna. Kulitnya lebih tipis dan jaringan ikat antar selnya masih longgar. Jika rambut bayi masih tipis atau tiba-tiba rontok, Anda jangan panik dulu. Karena seperti gigi, bayi juga mempunyai rambut pertama yang akan lepas dan berganti dengan rambut permanen. Rambut permanen ini akan tumbuh pada usia 3-4 bulan. Meski demikian, bayi tetap perlu diberi hair lotion karena rambutnya masih dalam fase pertumbuhan.
  • Ferra Nathania ,
    Bayi ku sempat di cukur rambutnya, saat rabutnya tumbuh, rambutnya jd tipis, tapi karena aq aktip memberinya hair lation dan minyak kemiri, alhamdulilah sekarang rambut nya tumbuh hitam dan lumayan tebal.....
  • Junita Mutiara , Balikpapan
    Saya percaya mitos tersebut.Tp yg agak benar rambut yg dibawa dr lahir sebenarnya kotor dan amis krn membawa darah nifas.Jd rambut bayi yg sdh dipotong stlh 40 hr membuat kesegaran tersendiri buat si bayi tsbt.
  • Ana Marita , Jakarta Selatan
    anaku skrg 17 bulan baru di gundul 2x umur 3 bulan sama 8 bulan. nah sehabis di gundul numbuhnya lama banget jadi males deh gundulin lg paling di rapihin aja. rambutnya sedikit dan tipis mungkin karena ikutin gen ibunya.
  • Eka Oktaviani , Malang
    aku dulu pas lahir juga rambutku tipis dan merah. orangtua dulu bilang, dikasih minyak kemiri, tapi yg asli. yg baunya menyengat itu. alhasil sekarang lebat bgt. dulu anakku pas lahir 40 harinya rambut digunduk, supaya bersih. :)
  • Fitri Yuliani ,
    Selain tradisi 40 hari setelah bayi lahir harus potong rambut, juga biar kita bisa mengontrol kebersihan kepala bayi, anakku Key rambutnya tipis, banyak yg kasih tau dengan kemiri, seledri ato lidah buaya, ternyata banyak temen2 yang berhasil ya, boleh juga tuh :D
  • NINIEK YANTI PARHEDI , BALIKPAPAN
    saya seorang ibu 2 anak yang mmpercayai mitos tersebut. untuk sesuatu yang baik kenapa tidak? toh itu juga untuk kebaikan anak sendiri. cuman, rambut ank saya, saya cukur setelah usia 3 bulan. kalo masih 40 hari duhhh kasian. ngga tega liat liatnya karna masih terlalu kecil. tapi, sedini mungkin sedari kandungan saya selalu mengkonsumsi kacang hijau seminggu 3 kali. tanpa dicampur santan loh ya... jadi benar2 murni kacang hijau
  • Dewi kartika , Bandung
    elain itu, dipengaruhi pula oleh hormon. Salah satunya hormon androgen. "Sering ada bayi yang rambutnya sangat lebat saat lahir. Bisa saja itu karena pengaruh hormon androgen ibunya. Soalnya, dia belum bisa memproduksi hormon androgen." Setelah lahir, lanjut Titi, lama-lama efek androgen yang terbawa dari ibunya hilang. "Rambut si kecil pun rontok, berganti dengan rambut aslinya yang mungkin lebih tipis."
  • Novalia Asiana ,
    Kalau tdk digunting atau dibuang bikin sakit sih jelas tidak. Ini pengalaman pribadi yg blm ada bukti ilmiahnya krn blm ada yg meneliti. waktu bayi tiap 3-4 bln rambut dicukur habis lalu diolesi air seledri, ternyata rambut tumbuh subur. Ini resep dari jaman nenek moyang yg saya praktekkan krn geregetan lht anak saya yg perempuan waktu bayi rambutnya tipis banget.
  • Mulya Mulyani ,
    Sering kali orangtua cemas krn bayinya yg br lahir tdk memiliki rambut. Agar rambut si bayi tumbuh subur dan hitam, gosoklah dgn air kelapa tua. Biarkan bbrp saat. Selanjutnya, bersihkan dgn air dingin. Lakukan berulang kali ya bun.
  • Dyah Iyut , Surakarta
    Bayi baru lahir memang penuh dengan kejutan, termasuk rambutnya.Pertumbuhan rambut pada bayi dan anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor-faktor luar. Faktor genetik tak hanya sebatas ayah-ibu tetapi juga bisa dari kakek-nenek, sedangkan faktor dari luar yg mempengaruhi antara lain faktor gizi, hormon, penyakit, perawatan, dan habit atau kebiasaan.
  • enung nurjanah sp , bogor
    menggunduli rambut bayi ada manfaatnya lho bunda, hal ini terjadi karena saat melewati jalan lahir, banyak lemak dan "kotoran" rahim ibu yang menempel di sekujur tubuh bayi, termasuk di rambutnya. Dengan mencukur rambut bayi, sisa-sisa lemak tersebut diharapkan akan ikut terangkat.
  • meli , Bekasi
    benar sekali anakku pas umur 40 hari di cukur rambutnya krn rambut bayi sejak lahir kurang bagus dan tdk sehat bisa mengakibatkan gatal pd kepala bayi setelah dicukur kalau bisa di beri minyak rambut utk bayi atau kemiri yg sdh dibakar lalu dioleskan di kepala bayi.
  • Efa Murjanah , Tegal
    mencukur rambut 40 hari memang sering dilakukan di daerah saya, tujuannya biar si bayi tidak sumpek dan kepanasan, selain itu juga biar tumbuh rambut yang baru, yang diharapkan rambut baru tersebut lebih lebat dari sebelumnya
  • Sri Sutiah , Jakarta Timur
    Pada dasarnya faktor yang paling menentukan rambut anak tipis atau tebal, lurus atau keriting adalah foktor genetik dari orang tuanya, namun juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diserap tubuh anak sehingga memiliki rambut yang sehat. alasan untuk memotong rambut lebih untuk menjaga kesehatan kulit kepala bayi karena lebih mudah menjaga kebersihannya.
  • Buku Buahatiqu ,
    Rambut anak saya yang pertama, dari kecil tidak pernah lebat, tapi ketika masuk 2 tahun, mulai banyak sampai sekarang dia 6 tahun. Anak kedua saya tipissss terus, sampai-sampai mertua minta untuk diolesi lidah buaya. Tapi saya yakin memang dia dapat gen rambut saya yang memang tipis, jadi ya pasrah aja deh ... :)
  • Muna Akbar , Medan Barat
    Apabila Anda termasuk orangtua yang membawa gen rambut kurang tebal, maka ada bebarapa cara yang bisa digunakan untuk menebalkan rambut anak Anda, seperti banyak mengkonsumsi sari kacang hijau atau susu kedelai agar ASI yang diminum bayi akan mempengaruhi kesuburan dan pertumbuhan rambutnya
  • Fitriah Rahma , Medan
    Bayi q udah 1 bulan di gunduli, tapi rambutnya sampai sekarang cuma tumbuh dikit, memang faktor gen juga lah yg menentukan tebal tipis nya rambut bayi, soalnya rambut ku tipis n halus.
  • Luh Rena Lesia Dewi , Singaraja
    rambut saya sedikti dan tipis, anak saya juga gitu tapi saya tidak mau anak saya rambutnya sedikit makanya saya pilih shampo yang ada kandungan daun seledri dan kemiri, dan kadang-kadang saya juga memakai kemiri bakar setiap dia mau keramas saya pijat kepala anak saya.
  • Dian shinta Lucyana , Tangerang Selatan
    kalau menurut saya ada juga di sebabkan faktor keturunan. anak2 saya memang waktu bayi rambutnya jg di gunduli tp saya tidak pernah melakukan perawatan tradisional apapun buktinya rambut mereka cepat sekali tumbuh dan lebat sekali. tetapi ada tetangga saya yg di gunduli sampai berkali kali dan rajin diberikan ramuan tradisional tetap saja rambutnya tipis karena ibu dan neneknya juga rambutnya tipis.
  • Hari Sulanjari , Karanganyar
    Memang kadang itu ada benarnya, tapi kalau pendapat saya jenis rambut anak lebih di dominasi dari faktor keturunan rambut orang tuanya, tapi ada baiknya memang mengkonsumsi makanan yang menunjang tumbuh lebatnya rambut.
  • gloria aritonang , depok
    regenerasi rambut. itulah yang menyebabkan rambut cenderung tumbuh lebih lebat setelah dipotong
  • Sydney Lim ,
    anakku divo,semenjak lahir rambut tebal dan panjang,setelah 30hari akhirnya dibotakin,cepet banget tumbuh lagi rambutnya hitam dan lebat,tp sygnya di umur 3blnan belakangnya ada botak gitu,kata org sih kemakan bantal,akhirnya setelah 2kali dibotakin n 1kali digunting rambutnya uda tumbuh semua skg divo uda umur 9bln :D
  • Whinda Setyo Indratmoko ,
    anakku skrg usia 14 bln. Sejak bayi sampai sekarang rambutnya belum pernah dingunduli karena rambutnya sedikit dan kuatir klo tumbuhnya nanti tdk lebat. Hanya bila agak panjang sedikit aku potong. Setiap habis keramas aku beri hair lotion yg mengandung aloevera, seledri dan kemiri, syukurlah rambutnya sudah mulai tebal sekarang.
  • Icha Reeza , purwakarta
    dulu wktu pertama kali lahir rambut anak saya (rayya)tebal dan hitam.. krna wktu hamil sy sering minum & makan yg berasal dr kacang hijau. tp waktu acara akikah dibotakin tp skrg rambutnya jd tipis dan coklat warna rambutnya. sebenernya sih memangkas rambutnya bukan mksud untuk menjadikan lebih tebal dan subur tp lebih kepada kebersihan dan sunah aja. krna rambut yg baru lahir pstinya terselip kotoran sewaktu di dlm perut.
  • Septi Gitawardani , Bandar Lampung
    babyku dulu lahir rambutnya tebel banget. habis aku gunduli jadi habis deh. lama banget tumbuhnya. terus aku kasi minyak kemiri alhamdulillah tebel lagi :)
  • Anis Bundanya Alief ,
    Setelah digundul, Lidah buaya dan daun urang-aring saya pakaikan tiap pagi dirambut anak saya. Hasilnya sih lumayan drpd sebelum digundul dulu.
  • Mervin Tri Hadianto ,
    Setuju, itu cuma mitos. Seledri bisa membantu menyuburkan rambut hanya harus dipakai malam hari. Jika dipakai pagi/siang akan bereaksi dengan sinar matahari menimbulkan kemerahan dan iritasi.
  • Silvi yeni , Bekasi
    manfaat menggunduli rambut bayi yang saya rasakan adalah kepala bayi menjadi lebih bersih dan dapat mendeteksi dengan mudah bila ada masalah di kulit kepala bayi.
  • dwi enggar , jambi
    betul tuh, Bunda, menurut para ahli mitos menggunduli rambut anak supaya tebal itu tdiaklah benar. Memang, sehabis dicukur, rambut yang tumbuh akan terlihat tebal. Dari segi medis, tidak ada hubungannya mencukur rambut dengan rambut tebal. Rambut bayi sangat tergantung faktor genetik. "Kalau jenis rambutnya tipis, mau dicukur berapa kali pun, keluarnya akan tetap tipis juga. Selain tebal-tipis rambut, warna rambut pun sudah ditentukan secara genetik.
  • ika okta , bekasi
    rambut banyak sebenarnya tergantung gen juga kalau turunannya rambutnya banyak pasti si anak juga ikut tp bisa kok di kasih ramuan tradisional seperti bunda dwi bilang kemiri di bakar ya harus teratur karena klu sesekali ya sama aza
  • Nisa Azka , bandar lampung
    setujuu banget waktu aku hamil aku rajin mengkonsumsi susu kedelai..dan begitu azka lahir rambutnya memang lebatt ^^
  • Hepi Palupi , Sukoharjo
    tapi ya memang harus digundulu terlepas itu mitos atau bukan karena bayi sering berkeringat kalo rambutnya ga di gundul kasian kegerahan....kadang malah sampe keringet buntet :-0
  • lilik suaidah , gresik
    mgk krn tradisi setiap bayi yg baru berumur seminggu ditempatku rata2 digundul, tapi demi kepentingan si bayi juga biar gampang membersihkan dan tidak gerah karena udara ditempatku lumayan panas
  • anna yellita , sukabumi
    klo menurut ku itu cuma mitos aja...soalnya kan rambut tumbuh ato ganya tergantung gen yg dibwa ortunya.lagi pula memang rambut bayi baru lahir harus dipotong krnkan rambut yg pertama itu katanya kotor dan kebiasan keluarga ku rambut bayi baru lahir ditimbang kemudian di kalikan dhn harga emas kemudian dibagikan ke anak2 yatim ya itu sbg rasa bahagia berbagi dgn org2 yg membutuhkan...
  • Nyonya Pristiant , sukoharjo
    dulu pas bayi si kecil juga sekali aku gunduli...tapi tumbuhnya malah jarang2,jadi kasian pasti si kecil kedinginan,hehe....setelah itu aku kasih minyak kemiri yang uda jadi,aku pakein 2hari sekali sebelum keramas,hasilnya rambutnya tumbuhnya lumayan cepet...lebih aman pake yang alami kan.... :)
  • Princess Brigita ,
    saya juga menggunduli anak saya karena alasan tradisi kebersihan.tapi untuk mempertebal biasanya saya suka menggunakan tambahan spt lidah buaya,seledri dan kemiri =)
  • Irma Nuraisyah ,
    semakin dini lebih baik untuk melakukan perawatan secara alami,biasanya kalau di daerah saya suka dikasih minyak kelapa asli...jadi rambut hitam dan sehat
  • Pradika Ardiyanti , Semarang
    Kenyataan anak pertama saya hbis dgundul rambutnya lebat bgt tumbuhny tp anak kedua stelah dgundul tumbuhny mlh jarang bgt tp stelah ak ksih minyak cem2an lumayanlah kulitnya g bgitu keliatan bgt...
  • Ken Pramono ,
    yang pasti tujuan kita potong rambut si bayi adalah agar bayi tidak gerah, atau misal ada kerak dikepalanya, sehingga mudah dibersihkan
  • Dadan Vaio , jakarta
    Kalau saya waktu kecil digunduli, dan diberi kemiri, tapi ga ngaruh juga rambut sy kini agak botak, apa karena saya bukan bayi lagi ya?
  • Yulia Sugiharti , Bogor
    Kedua anak sy di gunduli sampai 3 kali, tp tetep aja rambutnya tipis pdhal sdh diberi mnyk kemiri, di bubuhin tumbukan daun seledri tp tetep aja sedikit. Kalau menurut gen sie iya, sy sendiri ketika kecil memiliki rambut tipis ceriwis..mknya kedua anak sypun begitu rambutnya tipis dan susah sekali tebal..
  • Yunie Gunawan , bandung
    anakku juga digunduli..rambutnya sekarang lumayan tebal
  • Farlo Priciano , Bekasi
    Kalau saya pribadi sih, bukan karena percaya mitos atau supaya rambut bayi lebih tebal, tapi semata-mata memang Islam memerintahkan demikian : "Setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama" (HR Ahmad dan Ashabus Sunan) Jadi, bukan hanya sekedar mitos, kan? :)
  • Novita Dian Purnama Sari ,
    aku dari dulu emang gk suka klo bayi rambute hrus dgundul, ntar kaya TUYUL dong ... hi takut, kan ckepan ada rambutnya. Tpi alhamdulillah tanpa digundul, rambut anak saya tebel2 kok, apalagi anak saya yg cowok malah makin tebel dari lahir ...
  • dian sefitrizal , Bekasi
    benar tuh... ak dah coba pd anakku, sejak bayi rambut ankku tumbuh kurang merata,, banyak yg bilang harus di gunduli dlu kemudian diolesi lidah buaya,,, yah hasilnya skrng dah terbukti lho...
  • Rosa Limar , Bekasi Barat
    Sebenarnya sih bkn alasan krn mitos saja utk menggunduli,tp jg utk kebersihan&kesehatan rambut si bayi..
  • dwi mulya puspitaningsih , Trenggalek
    ramuan tradisional seperti kemiri yang dibakar dan memakai daun seledri..terbukti aman dan ampuh untuk menebalkan rambut untuk anak-anak





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Minyak Telon Konicare dengan aroma khasnya, juga bisa mencegah gigitan nyamuk. Usapkan selalu Minyak Telon Konicare, Karena kapan saja nyamuk bisa mengigit si kecil.
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...