Menjemur Bayi Untuk Menghilangkan Kuning

Selain bisa menghilangkan kuning, banyak yang beranggapan menjemur bayi juga akan membuat tulang bayi menjadi semakin kuat.

Faktanya: Hal tersebut benar, tetapi sebenernya tidak berlaku untuk negara kita yang berada di daerah khatulistiwa. Mengapa? Karena di wilayah ini, pantulan sinar matahari dari tembok sudah overdosis untuk mengubah pro-vitamin D di kulit menjadi vitamin D.

Jadi, cukup punggungnya saja yang sudah ditelanjangi untuk dijemur. Waktunya pun sebaiknya sebelum pukul 9 pagi. Pada jam tersebut sinar biru yang terdapat pada sinar matahari masih ada. Sinar biru ini membantu lever menurunkan kadar bilirubin. Berkaitan dengan hal ini harus dijaga jangan sampai sinar matahari menerpa langsung mata anak karena dapat merusak retinanya. Jika kuningnya telah hilang, anak tidak perlu dijemur lagi. Jika bayi tidak kuning, ia juga tidak perlu dijemur.

Komentar Anda :
  • Umi Mutaqin ,
    trim's atas infonya
  • Eva tia noviyanti , Jakarta barat
    thanks infonya..... Sangat bermanfaat.
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Sebenarnya kuning pada bayi dikarenakan kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. Hemoglobin dalam darah bayi saat di kandungan berbeda dengan hemoglobin ketika bayi lahir. Saat bayi lahir sel darah merah merusak hemoglobin lama (hemoglobin saat bayi dalam kandungan) dan menggantinya dengan hemoglobin yang baru. Pergantian hemoglobin ini mengakibatnya penumpukan bilirubin sehingga bayi tampak kuning. Biasanya bilirubin akan hilang setelah dua atau tiga minggu. Kuning seperti ini termasuk kuning fisiologis yakni kuning yang tidak berbahaya. Biasanya dokter hanya menyarankan supaya Bunda memberikan ASI dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Beda halnya dengan kuning yang berbahaya, penanganannya tentu tidak semudah kuning fisiologis.
  • wiwik tri hastuti , cilegon
    menjemur bayi kuning, bahayanya lebih banyak. Kulit bayi akan terangsang sinar matahari hingga menyebabkan teriritasi dan si bayi jadi rewel. Apalah arti penguapan setengah jam bilirubin oleh sinar matahari dibandingkan dengan kerugian kulitnya teriritasi. Jadi, penyinaran dengan menjemur si bayi tak terlalu banyak membantu ataupun menguntungkan. Lebih baik, beri air minum/ASI yang banyak. Jika perlu, kembali ke RS untuk dilakukan penyinaran.
  • Ratna Trisnawati , Tangerang Selatan
    Menjemur bayi itu suatu keharusan ya,, anak sy setelah 3hari dari rumah sakit, badanny agak kuning trs rajin dijemur jadi hilang warna kuningnya,, dan sehat. Jd banyak manfaat ny
  • desy sulistiyowati , bogor
    waktu anakku kena kuning aku juga menjemurnya pagi jam 7 selama 15menit ... tidak hanya pada saat kuning ... saat flu dan batuk juga ku jemur tuk mengencerkan dahaknya
  • siska aryani , sleman
    sinar matahari manfaatnya sangat banyak ternyata, sinar biru yang terdapat pada sinar matahari mak jam 9 pagi. Sinar biru ini membantu lever menurunkan kadar bilirubin.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Buat saya menjemur bayi umur 0-2 minggu pada sinar matahari itu penting.Karena dpt membuat badan si bayi lebih hangat n lebih sehat,biasanya saya menjemurnya antara jam 6-7 pagi,saya menjemurnya hanya 10 menit saja
  • Welly Ana ,
    Benar. dengan dijemur, bayi akan berkeringat dan membuatnya berkemih, disitulah kuningnya akan dikeluarkan melalui urine dan keringat :))
  • Mulya Mulyani ,
    Menjemur bayi dapat membantu mengatasi bayi kuning, tetapi hanya pada bayi yang kuning ringan. Bila ingin menjemur bayi, jemurlah antara pukul 07.00 – 09.00, selama 30 menit. Lebih dari 70% bayi baru lahir mengalami penyakit kuning. Bayi kuning lebih banyak ditemukan pada bayi-bayi yang diberi ASI, dibanding yang diberi susu formula sejak lahir. Untuk mengetahui kalau bayi Anda kuning. Dapat dilakukan sendiri dirumah dengan cara: * Membawa bayi ke ruangan berpenerangan cukup. * Amati kulit bayi Anda di bawah lampu berpendar atau fluorescent, pada siang hari. * Tekan jari Anda perlahan-lahan ke dahi, dada, telapak tangan, atau telapak kaki bayi. Lalu, angkat jari Anda dan perhatikan apakah ada semburat warna kuning di permukaan kulit bagian tubuh yang ditekan. * Amati gusi bayi dan bagian putih matanya, apakah kekuningan? Bila pemeriksaan dilakukan di rumah sakit, biasanya darah bayi akan diambil sedikit untuk dianalisa di laboratorium guna mengukur kadar bilirubin di dalam darah.
  • Junita Mutiara , Balikpapan
    Kalo menjemur bayi sebaiknya sebelum jam 9 pagi dan itu sktr 10-15 menit.Hal ini dimaksudkan agar si bayi tidak mudah terserang batuk dan pilek.Disamping itu baik untuk kulit dan pertumbuhan tulangnya.Kl bayi kuning berarti dia kurang minum.Menurut dokter anak bayi kuning hanya berkisar 3 hari pasca melahirkan setelah itu dia akan normal sperti bayi lainnya asalkan asupan minumnya cukup,kl msh tetap kuning setelah 3 hari hrs segera diperiksa ke rumah sakit atau puskesmas secepatnya.
  • Eka Widianti , Bangko
    Kuning yang berbahaya akan menimbulkan gejala-gejala, seperti : * kuning muncul pada 24 jam pertama kelahiran bayi. Normalnya kuning akan muncul setelah hari ketiga * cenderung tidak aktif, tidak mau menyusu dan suhu tubuh tidak stabil * kuning tidak hilang lebih dari dua minggu * warna urine seperti air teh Kalau Bunda menemukan gejala-gejala tersebut pada si kecil segera konsultasi ke dokter. Bayi harus menjalani terapi sinar di rumah sakit untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darah. Terapi ini bisa dilakukan sepanjang satu atau dua hari. Jika terapi sinar tidak berhasil maka harus dilakukan transfusi darah.
  • Eka Widianti , Bangko
    Warna kuning pada kulit bayi juga bisa bersifat fisiologik. Warna kulit ini terdapat pada bayi berusia 0-2 minggu. Ciri-cirinya warna kuning tidak sampai pada telapak tangan dan telapak kaki bayi, hanya dibagian tubuh yang lain dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak terlalu berbahaya. Cara mengatasinya adalah dengan menjemur bayi kurang lebih 30 menit di pagi hari sebelum jam 9. Jika lebih dari 2 minggu masih terdapat warna kuning, segeralah periksakan bayi Anda ke dokter.
  • Ana Marita , Jakarta Selatan
    setuju. sebab bayi saya pernah sakit kuning pas baru lahir. karena musim hujan jd g bisa di jemur deh terpaksa di rawat di rs. nah sejak itu rajin di jemur meski cuma 15 menit
  • ria alemina ginting manik , Sidoarjo
    Setuju, pengalaman saya juga waktu menjemur si kecil, saya lebih fokus ke bagian punggungnya saja dan itupun tidak terlalu lama, sekitar 15 menit.
  • Dian shinta Lucyana , Tangerang Selatan
    saya rasa mitos ini ada benarnya. karena saya mengalaminya sendiri. waktu anak saya kedua lahir dia agak sedikit kuning karena belum waktunya dan BB nya belum cukup. tapi setelah saya menjemur anak saya setiap pagi selama sebulan, alhamdulillah kuning di badan anak saya sembuh dan sampai sekarang anak saya tumbuh sehat.
  • Mulya Mulyani ,
    Kuning pd bayi baru lahir seringkali dikhawatirkan oleh sebagian ibu yg baru pertama kali melahirkan bayi. Krn sebenarnya penyakit kuning terjadi pd 60% bayi baru lahir. Penyakit kuning pd bayi sbenarnya tdk perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Asalkan kadar bilirubin atau pigmen kuning yg dihasilkan krn adanya pemecahan hemoglobin(Hb) di dlm hati bayi normal, serta tdk menunjukkan adanya kelainan atau gangguan kesehatan lainnya. Tetapi jika kadar bilirubinnya sdh melebihi batas normal atau terlalu tinggi, akibatnya bs timbul gangguan spt: penurunan kecerdasan, kecacatan, bahkan kematian. Cara mengatasi/ mencegah bayi kuning cukup mudah, yaitu: Berikan ASI ekslusif setiap saat. Dan sering menjemur bayi setiap pagi sekitar jam 7-8 selama 15 menit. Dan utk bayi yg kadar bilirubinnya tinggi hrs dilakukan penyinaran dgn sinar biru(fototerapi). Bahkan perlu dilakukan transfusi tukar darah dan membutuhkan wkt bbrp hari agar bayi benar2 sembuh total.
  • Disah Ekowati , Sleman
    meskipun gak sakit kuning, sebaiknya bayi emang dijemur di pagi hari, agar memperoleh vitamin D...
  • enung nurjanah sp , bogor
    bayi baru lahir dapat berwarna kuning, salah satu penyebabnya adalahkekurangan oksigen selama dalam kandungan. Untuk menguranginya, biasa menjemur bayi pada pagi hari. Walaupun menjemur bayi tidak dapat mengubah bilirubin secara langsung namun menjemur bayi agar terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D yang berguna bagi tulang.
  • Hendry Wijayanti , Pati
    Anak sy 2 hari stlh kelahiran jg kuning. Sesampainya keluar dr RS tiap pagi dijemur dan perbanyak ASI. pas seminggu kontrol ke DSA nya dikatakan masih kuning dan akhirnya di tes darah dgn kadar bilirubinnya 8. Syukurlah karena kata si dsa kalo bilirubin diatas 13 mesti dirawat.. Akhirnya si kecil gak perlu dirawat di RS. Dan yg mempengaruhi kadar bilirubin jg karena berbedanya golongan darah ibu dgn si bayi
  • Noor Farida ,
    Biasanya kuning baru terlihat setelah 2-3 hari kelahiran anak....anakku yg pertama ternyata kuning juga....akhirnya anakku opname di lebih lama biasanya bayi kuning ditempatkan secara khusus dg penyinaran ultra violet yg manfaatnya sama dengan menjemur bayi...
  • Dewi kartika , Bandung
    Kuning pada bayi baru lahir sering disebut hiperbilirubinemia, merupakan kulit yang kuning akibat bilirubin dalam darah yang meningkat setelah lahir. Kulit kuning ini sendiri merupakan fisiologis bila mulai timbul pada hari 2-3 dengan kadar yang rendah. Namun bila bilirubin mencapai di atas 10, kita harus penanganan serius, terutama usia bayi di bawah umur 7 hari. Terapi terbaik adalah pemberian ASI yang sering dan dijemur di matahari di bawah jam 9 pagi, merupakan langkah yang cukup baik. Bila bilirubin cenderung meningkat, dipikirkan terapi sinar. Sekarang anak ibu sudah 3 minggu, jadi tidak perlu lagi diperiksa bilirubiun bila kulit tidak kuning.
  • Shaquilla Al Maira Putry , bandung
    Sakit kuning pada bayi bisa disebabkan karena meningkatnya zat bilirubin, yakni pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin di hati, dalam darah. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, atau kekurangan enzim G6PD.
  • Sydney Lim ,
    anak ku tidak kuning,tp kata neneknya dijemur aja biar kulitnya bagus,biasanya dijemur di bagian dadanya jg dan punggung,wkt itu kulit2nya kelupas2 jd ganti kulit baru,ada manfaatnya jg dgn menjemur baby,tp harus dibawah jam 9pg ya mom
  • wita kristiana , Palangkaraya
    kebiasaan menjemur bayi sealu aku lakukan ketika bayiku berumur 1 bulan lebih ,banyak manfaat yg didapat yag pasti vit. d lah...
  • Devi Pauline ,
    celine kalo lagi flu dan batuk pasti saya jemur agar dahaknya bisa keluar dan ingusnya cepat encer
  • Bunda Kevin ,
    dulu saya menjemur babyku sekitar 30 menit di jam 7 pagi
  • Quinsha Oh Quinsha , Semarang
    yang terpenting adalah berikan ASI sebanyak mungkin. Banyak minum Asi dapet menurunkan kadar bilirubin, karena bilirubin dapat dikeluarkan melalui air kencing dan kotoran bayi :)
  • Insan Kwochan ,
    biar baby g kuning harus rutin ngasih ASI dan rutin dijemur pagi.kasian liat baby kuning karna kurang ASI dari ibunya..
  • Whinda Setyo Indratmoko ,
    Setelah melahirkan, bayiku secepatnya aku bawa pulang, spy bisa secepatnya dijemur dibawah sinar matahari. Pengalaman 2 x sebelumnya setelah melahirkan bayi tdk dijemur (terlalu lama di RS) memang menyebabkan kuning cepat menyebar. Tp syukurlah adik paling keciltdk sampai terkena kuning
  • Mervin Tri Hadianto ,
    Jika bayi sangat kuning sebaiknya dibawa ke RS untuk diperiksa bilirubin indirek, direk, dan total, karena ada batas berbahaya yang jika dilewati bisa menimbulkan ensefalopati bilirubin dengan gejala kejang-kejang. Kalau kuning sebatas perut saja, sinar matahari bisa membantu, walaupun sebenarnya sangat tidak efektif jika dibandingkan terapi sinar di Rumah Sakit yang mempertimbangkan pemakaian lampu khusus dengan panjang gelombang tertentu dan jarak yang diatur. Sinar matahari efektif untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D bentuk aktif yang membantu pertumbuhan tulang.
  • dwi enggar , jambi
    anakku sempat jg kuning, tp ku rutin sering mungkin memberi asi dan mejeng tiap pagi jam 7 - 8.
  • Melly Nur Jamilah , Garut
    Dulu anak ku sehabis mandi selalu di jemur sekitar j 8 plng lama 15 menit.
  • Anis Bundanya Alief ,
    Anakku seneng deh kalo diajak jalan-jalan pagi sambil nunggu sunset pagi. Kemarin habis batuk grok-grok, gara-gara dijemur 2 kali ilang grok-groknya.
  • ENDAH PURNAMA SARI , SAMARINDA
    ada benernya juga tp yg terpenting adalah menjemur bayi agar proses pertumbuhan tulang serta sel2 darahnya lancar,,,termasuk memproses vit d yg bgs bt tulangnya,,,
  • anna yellita , sukabumi
    setuju klo bayi yg baru lahir harus di jemur apalagi klo lg skt flu bisa mengenjerkan dahaknya jd ga usah di bawa ke dokter yg nantinya akan di kasih obat antibiotik
  • Ayu MamaNya Fathar ,
    anakku jg dulu pernah sempat kena kuning. Trus sm bidannya disuruh jemur n kasih susu yg bnyk. Dan alhamdulillah sembuh tnp opname...
  • Nurdiana Suswandi , Bogor
    bener itu,,, bayi yang baru lahir harus di jemur
  • Yulia Sugiharti , Bogor
    dokter pun menyarankan kalau bayi baru lahir agar sering di jemur aplg yg memiliki tingkat bilirubinnya ckp tinggi, mst sering2 dijemur. hal tsb membantu mngurangi kadar bilirubin dlm bayispy cpt normal..
  • Beta Octavisa , JAKARTA BARAT
    waktu bayiku lahir sampai usia 1 bln setiap pagi selalu di jemur
  • Lubna Alaydrus ,
    kalau menjemur bayi untuk mengencerkan dahaknya saat terkena flu bener ga?
  • Dadan Vaio , jakarta
    Setuju





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Gel Pengurang Gatal Konicare, Gatal ringan di kulit bisa menimbulkan masalah besar. Kalau digaruk bisa menimbulkan Iritasi atau bahkan berkas permanen di kulit. Jadi kalu kulit gatal, jangan digaruk, atasi dengan Gel Pengurang Gatal Konicare  
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...