Tips Konicare Family

Manfaat Shopping

March 21, 2014
Beautiful young women shopping.

Siapa yang tidak suka shopping? Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan disela-sela waktu Metime adalah berbelanja alias shopping. Apalagi jika ternyata shopping terbukti memberikan banyak manfaat positif bagi Anda.

Tentunya Anda harus menjadi pembelanja yang cerdas untuk menilai barang dan berbelanja sesuai kebutuhan, jangan lantas menjadi boros dan mengeluarkan banyak uang untuk sesuatu yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Beberapa efek positif dari shopping adalah:

  • Adanya rasa berpetualang dalam mencari barang, dan rasa terpenuhinya kebutuhan setelah mendapatkan barang yang dicari membuat perasaan aman yang berefek pada kepuasan batin dan peningkatan semangat hidup.
  • Berbelanja berarti bertemu banyak orang atau bertemu teman. Dengan demikian, akan mencegah kesepian dan meningkatkan kesehatan psikologis.
  • Sering berbelanja ke luar rumah, maka tubuh akan bergerak, dan efeknya sama seperti olahraga.

Belum lagi ada penelitian yang menjelaskan bahwa pria yang sering berbelanja memiliki catatan hidup lebih baik, dengan penurunan 28% pada peluang kematian. Sedangkan pada wanita 23% menurunkan peluang kematian.

Kemudian ada survei di Inggris menyebutkan bahwa beberapa wanita yang mempunyai masalah keuangan dan depresi menjadi tambah semangat ketika melakukan aktivitas belanja.

Polling yang dilakukan pada 700 wanita tersebut menunjukkan bahwa 79% dari mereka akan pergi berbelanja untuk membuat mood mereka bertambah. Sebanyak 40% dari mereka yang tergolong ‘depresi’ dan 60% yang tergolong ‘kurang bersemangat’ menjadikan alasan tersebut untuk melakukan shopping.

Jika kondisi ekonomi sedang tidak memungkinkan untuk Anda pergi berbelanja, maka metode window shopping dapat menjadi solusi. Dengan window shopping, Anda masih tetap berjalan-jalan sekaligus berolahraga serta bersosialisasi untuk efek positif mental dan sosial.

Jadi, siapa yang bilang menjadi shopaholic adalah hal yang buruk? Selama Anda dapat mengendalikan diri untuk tidak belanja berlebih sehingga membuat pengeluaran bengkak, ternyata shopping dapat menjadi hal positif yang bisa Anda lakukan.

Be Sociable, Share!

Artikel Terbaru

TAHUKAH ANDA?

Gatal ringan di kulit bisa menimbulkan masalah besar.