Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM. Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Khasiat lidah buayaDari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antara ke-72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kegunaan lidah buaya bagi tubuh manusia:

A. Sebagai antiinflamasi, lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal ini bisa diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan secara internal. Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.

B. Sebagai penyembuh luka, lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.

C. Sebagai antioksidan, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mem­bantu mencegah penyakit degeneratif.

D. Kosmetik.Mengingat kandungannya yang cukup lengkap, lidah buaya banyak dipergunakan pada berbagai produk kosmetik, seperti krim, lotion, atau sabun. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang be'rguna bagi kulit, membantu menguat­kan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta mem­bantu mencegahpenuaan dini.

E. Secara tradisional, lidah buaya digunakan untuk menyuburkan rambut dengan cara memotong daunnya kemudian mengoleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu baru dibersihkan dan dibilas.

Tanaman lidah buaya mempunyai bentuk fisik yang elok, tak salah jika banyak orang menanamnya sebagai tanaman hias penyemarak taman. Kini lidah buaya semakin populer, tak hanya manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan yang terus diteliti. Gel atau daging dari pelepah daun ternyata juga lezat untuk dikonsumsi.

Komentar Anda :
  • Cindra Mayang ,
    Lidah buaya bisa juga tuk menaklukan Jerawat yg membandel loohh..sifat anti bakteri & astrinagen yg dimiliki Lidah Buaya inilah yg sangat berperan untuk mengobati jerawat.Sifat Astringen lidah buaya dpt menetralisir lemak (komedo) yg menumpuk & mencegah inflamasi, sedangkan sifat antibakterinya menekan perkembangbiakan bakteri ACNE. Jangan khawatir untuk menggunakan Lidah Buaya sebagai jalan alternatif mengobati jerawat anda karena Lidah Buaya ini aman & hampir tidak mempunyai efek samping selagi anda menggunakannya secara higienis. Tips menggunakannya : Anda cukup mengambil Lidah Buaya ukuran sedang, lalu potong2 & hilangkan kulitnya sampai terlihat dagingnya & lendirnya yg putih. lalu oleskan pada kulit yg berjerawat setiap selesai mencuci wajah dengan air hangat..
  • Amalia Indah C , Surabaya
    Lidah buaya mempunyai kelebihan lain yaitu mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Di dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang bisa masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Sehingga kulit tidak cepat kering, segar dan terlihat lebih muda.
  • enung nurjanah sp , bogor
    lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan Caranya: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.
  • Totok Pudyasdono ,
    Daun lidah buaya yang sudah besar, umumnya memiliki panjang sekitar 30 cm. Di dalam daun ini terdapat daging yang berlendir, bagian inilah yang kaya manfaat bagi manusia. Semakin tua daun lidah buaya, maka semakin banyak kandungan bermanfaat yang dimilikinya.
  • Eka Widianti , Bangko
    Batuk (yang membandel) Cara Meramu: 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.
  • Eka Widianti , Bangko
    Penurun kadar gula darah Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.
  • Eka Widianti , Bangko
    Dilihat dari khasiatnya ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara dihaluskan dan kemudian oleskan diwajah yang terdapat bekas jerawat dan lakukan hal ini sehari 1 kali. Cara lain yaitu bisa digunakan sebagai jus dan minumlah secara teratur setiap hari
  • Mulya Mulyani ,
    Khasiat lidah buaya selain untuk perawatan rambut jg berkhasiat sbg obat Radang tenggorokan. Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.
  • Dewi kartika , Bandung
    Mencegah Diabetes. Selain sebagai detoksifikasi racun, jus lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mencegah resiko diabetes. Dengan rutin mengonsumsi jus lidah buaya, kadar gula darah Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari serangan diabetes.
  • enung nurjanah sp , bogor
    RESEP MINUMAN SEGAR LIDAH BUAYA Bahan: -Lidah buaya 1 kg. -Gula pasir 400 gram. -Garam 40 gram. -Vanili. -Daun pandan. Cara membuat: 1. Kupas lidah buaya, buang lendirnya, cuci bersih, potong dadu. 2. Rendam dalam larutan garam 20 gram C selama 20 menit. Cuci bersih, Lalu tiriskan. 3. Rebus selama 20 menit, bilas dengan air dingin, lalu cuci bersih sampai benar2 hilang lendirnya. Tiriskan. 4. Rebus air dan gula pasir tambahkan vanili dan daun pandan. 5. Campurkan lidah buaya rebus sampai mendidih. 6. Dinginkan, beri es batu, hidangkan. untuk 15 gelas. Silahkan mencoba
  • Dewi kartika , Bandung
    Untuk pertumbuhan rambut Lidah buaya mengandung enzim yang merangsang pertumbuhan rambut baru. Lidah buaya sudah terbukti mampu mengatasi rambut yang rusak, karena mampu mengatur pH rambut. Hal ini dapat digunakan pada rambut dalam berbagai cara, meskipun yang paling populer terdiri dari pembelian shampo yang mengandung lidah buaya, tetapi menerapkan gel lidah buaya murni ke rambut adalah yang paling efektif.
  • Dewi kartika , Bandung
    Tidak peduli apakah Anda seorang pria, wanita, muda atau tua, lidah buaya akan bekerja untuk rambut anda. Alasan mengapa lidah buaya sangat bagus untuk perawatan rambut karena mengandung komponen aktif ekstrak termasuk vitamin, mineral, asam amino esensial dan enzim. Gel lidah buaya tidak hanya menyembuhkan, tetapi juga bersifat menyejukkan, antibakteri dan juga dapat melembabkan.
  • enung nurjanah sp , bogor
    lidah buaya dapat dibuat manisan yang sehat dan menyegarkan. caranya : pilih lidah buaya yang besar dan berdaging tebal, kupas, lalu potong2. cuci bersih untuk menghilangkan lendirnya. rebus dalam air, tambahkan gula sebagai bahan pemanis.
  • enung nurjanah sp , bogor
    lidah buaya mengandung serat yang cukup tinggi, sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah konstipasi.
  • Lusiana , bandar lampung
    lidah buaya emang bs jadi pertolongan pertama untuk menyembuhkan luka, aku minum jus lidah buaya untuk memperlancar pencernaan dan kupakai jg untuk menyuburkan rambut anak2 ku
  • Isah Roisyah H , Cilegon
    jus lidah buaya bisa befungsi sebagai detoks, yang mana bisa meluruhkan racun2 dlm tubuh.
  • Oyi Songyi ,
    Saya biasanya menggunakan dalam dari lidah buaya untuk dikonsumsi langsung dgn cara diseduh dgn air hangat dan dicampur madu atau gula batu. Selain enak jg berkhasiat melancarkan buang air besar.
  • enung nurjanah sp , bogor
    manisan dan jus lidah buaya, sangat menyegarkan dan dpat mengatasi konstipasi
  • Quinsha Oh Quinsha , Semarang
    jus lidah buaya bisa befungsi sebagai detoks, yang mana bisa meluruhkan racun2 dlm tubuh...
  • Muna Akbar , Medan Barat
    mau rambut agar tubuh lebat cobain aja pakai lidah buaya ini. pasti bags hasilnya
  • Dyah Iyut , Surakarta
    Utk penderita diabetes, setengah sendok jus lidah buaya yg diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45%.
  • Dyah Iyut , Surakarta
    Dulu cara praktis menyuburkan rambut ya taunya dg lidah buaya, tinggal petik dr halaman trus oles aja ke rambut tp dg kecanggihan teknologi sekrg mulai banyak dibudidayakan utk berbagai produk krn mmg byk sekali khasiat lainnya.
  • Bunda MufLin , Salatiga
    Salah satu tanaman dihalamanku nich...soalnya aku paling seneng buat olesin ke rambut anak2, alhasil rambut mereka lumayan lebat dibanding sebelumnya...
  • Sri Solikhati ,
    lidah buaya juga bisa buat obat gatal gigitan serangga loh dg diambil dagingnya lalu dioles ke tempat yg gatal2 atau digigit nyamuk
  • Hepi Palupi , Sukoharjo
    Dari kecil saya suka memakai lidah buaya untuk rambut, tinggal di gosok2an aja...makanya sekarangpun saya menanamnya di halaman karena manfaatnya banyak banget...:-)
  • Elisabeth Susanto ,
    lidah buaya banyak banget ya manfaatnya, dulu aq taunya cuma buat panjangin rambut dan minuman aja..
  • Sarie Rahmawati ,
    dari dulu lidah buaya memang dikenal sangat bermanfaat, baik untuk obat luar maupun dikonsumsi/diolah
  • dwi mulya puspitaningsih , Trenggalek
    bila kulit terkena air panas,bisa dicoba,untuk pertolongan pertama yaitu dengan mengoleskan daging lidah buaya.Hal ini akan memberikan sensasi dingin pada kulit sekaligus sebagai antiseptik pada kulit....
  • dian sefitrizal , Bekasi
    lidah buaya jg bisa di konsumsi lho... buah tangan ny banyak terdapat di daerah Pontianak...





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Minyak Telon Konicare dengan aroma khasnya, juga bisa mencegah gigitan nyamuk. Usapkan selalu Minyak Telon Konicare, Karena kapan saja nyamuk bisa mengigit si kecil.
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...