JaheKita tentu sudah tahu kalau jahe sering digunakan untuk memasak. Jahe mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Jahe mempunyai rasa pedas dan hangat jika digosokkan ke kulit atau digigit, sehingga sering digunakan sebagai campuran minuman ketika dingin. Selain itu, jahe juga dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat ramuan sebagai media penyembuhan beberapa penyakit.

Nama Latin : Zingiber officinale

Khasiat : Menyembuhkan masuk angin, sakit kepala sebelah atau migrain, mencegah mabuk kendaraan, mengobati sakit karena terkilir, menghilangkan bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmen, mengatasi serangan cacing gelang, membuat payudara menjadi montok dan berisi, serta menyembuhkan rematik.

Komentar Anda :
  • Ibune Dhila Dhitol ,
    minum jahe anget jga bisa tuk nyembuhin flu. Sari jahe jga enak loch dminum pakae es. Wktu q hamil muda klo g minum es jahe mual muntah trus.
  • robia adawiyah , sidoarjo
    kalo suami sedang batuk selalu minta dibuatkan wedang jahe..meredakan sakit tenggorokan n memberi rasa hangat di tubuh
  • Ni Nay ,
    Dulu waktu hamil muda anak ke-2, bisa dibilang saya mabuk..karena hampir setiap saat mual muntah dan lemes, sama dokter dianjurkan setiap bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur usahakan minum air jahe hangat, boleh dicampur teh. Ini bisa mengurangi rasa mual yang berlebihan. teryata benar..rasa mual dan muntah saya berangsur berkurang.
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Jahe juga bisa untuk mengatasi ketombe.Cara nya gosoklah jahe mentah ke dalam rambut,kemudian bilas dengan air jahe hangat. Metode ini juga dapat membantu mencegah rambut rontok.
  • Novi Andiana , Surabaya
    jahe juga bisa untuk menghilangkan jerawat, caranya : Cuci wajah dengan air jahe hangat pagi dan malam hari. Kondisi ini akan dapat meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Cara ini dapat pula diterapkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Untuk sakit Reumatik dan Encok. Rimpang umbi halia atau jahe secukupnya dibakar, kemudian dicuci bersih dan diparut, selanjutnya ditempelkan pada bagian yang sakit dan dilakukan secara teratur sampai sembuh.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    biasanya saya masak ayam ukep juga pakai jahe,selain ngilangin bau amis pada ayam,juga bikin sedep masakan...tapi kalo ada yg masuk angin,cara terampuh d keluarga saya adalah wedang jahe
  • Bun Bun AzMi ,
    Jahe namyak manfaatnya, aku juga suka buat bubur kacang ijo pakai jahe jadi bisa membuat tubh jadi hangat, apalagi di musim hujan ini, anak-anak sering masuk angin, jadi bisa dipadupadankan juga dengan makanan-makanan lainya
  • Eka Widianti , Bangko
    Membantu proses pencernaan.Tanaman jahe memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak didalam tubuh. Hal itu disebabkan karena jahe mengandung enzim protease dan enzim lipase.
  • Mulya Mulyani ,
    Untuk mencegah mabuk kendaraan, Ambil jahe sebesar ibu jari, cuci dan iris tipis-tipis, lalu rebus dengan segelas air. Diminum hangat-hangat sebelum naik kendaraan.
  • Totok Pudyasdono ,
    Umumnya dikenal 3 varietas jahe, yaitu : 1) Jahe putih/kuning besar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik saat berumur muda maupun berumur tua, baik sebagai jahe segar maupun jahe olahan. 2) Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga jahe sunti atau jahe emprit Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya. 3) Jahe merah. Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.
  • Eka Widianti , Bangko
    jahe dapat membunuh sel kanker dengan dua jalan, yaitu proses penghancuran yang dinamakan apoptosis dan autophagy, proses pemakanan sel. Hal ini diuraikan para ahli dalam pertemuan American Association for Cancer Research.
  • Mulya Mulyani ,
    Bagi ibu hamil, rasa mual dan pusing sering muncul pada pagi hari, atau biasa dikenal dengan "morning sick". Daripada bunda mengonsumsi obat mual, lebih baik minum air jahe. Bunda bisa menyeduh jahe yang telah dihaluskan dengan air hangat dan tambahkan sedikit gula. Karena jahe bisa melemaskan otot-otot pencernaan yang tegang dan menimbulkan rasa mual, maka sangat efektif menghilangkan rasa mual.
  • Mulya Mulyani ,
    Jika Anda mengalami cedera, merasakan sakit atau dalam proses penyembuhan, jahe bisa dijadikan andalan. Jahe bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Minyak jahe bisa melawan peradangan dan meningkatkan suplai darah. Hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Minyak tersebut juga bisa menyembuhkan luka dalam tubuh.
  • Zulfa Abdullah ,
    jahe bisa juga dgunakan sebagai minuman penghangat tubuh, blender 1/2kg jahe yg sudah dibersihkan dg air secukupnya saring dan rebus, campur dg 1 kg gula pasir sampai hangat trus saring lagi. hasilnya direbus lagi sampai menjadi granul.bisa tahan sampai setahun lho.. klo mau bikin minuman tinggal seduh sesendok dg air hangat 1 gelas
  • Nisa Azka , bandar lampung
    Rimpang jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup.
  • enung nurjanah sp , bogor
    jahe dapat digunakan untuk meredakan n nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. cara lain mengkonsumsi jahe adalah dibuat olahan wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe pada berbagai masakan seperti soto, semur, atau rendang.
  • enung nurjanah sp , bogor
    jahe dapat digunakan untuk mengatasi mual, hal ini terjadi karena zat aktif pada jahe dapat memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. bisa digunakan untuk mengatasi mabuk saat berkendaraan atau mual2 pada wanita hamil.
  • enung nurjanah sp , bogor
    teh hangat dicampur jahe, tambahkan sedikit madu....hemmmm bikin tubuh hangat dan nyaman apalagi diminum saat musim hujan gini....
  • Wiwik Widiastuti , Solo
    kalau saya capek atau keseleo biasanya lumururi jahe parut langsung segaaar rasanya
  • Yulia Sofiani ,
    boleh dicoba juga merendam kaki dengan air hangat yang udah digarami dan dimasukkan rimpang jahe bakar yang digeprek. coba deh sensainya...
  • atin , jakarta utara
    selain buat campuran bumbu masakn jahe juga bermanfaat ngt bagi kesehatan tubuh kita, terutama ketika tubuh qt sedang merasa ga fit atau ga bertenaga,,juga bisa untuk masuk angin...selain menghangatkan tubuh banyak juga khasiat lainnya yg mesti qt ketahui.so....jng lupa yah selalu ingat jahe ketika badan qt mulai ga fit..
  • Darmaulina marpaung , Pekanbaru
    Jahe emang banyak banget manfaatnya n bisa juga buat pegel2...jahe merah dicuci bersih lalu ditumbuk dan dibaluri di daerah yang terasa pegel
  • anna yellita , sukabumi
    jahe bisa di gunakan untk menyembuhkan rematik,caranya:Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.
  • Yulyana Leo , Medan
    Jahe bisa dijadikan pertolongan pertama bagi jika tiba2 mengalami angin duduk...pertama potong jahe menjadi 2, kemudian oleskan minyak kayu putih ke bagian perut n punggung, kemudian sapukan jahe bagian dalam yg td dibelah ke perut dan punggung dgn urutan menurun ke bawah, smoga cara ini dpt membuang angin yg ada dlperut :)
  • mai rahwati , kediri
    jahe di kasih air hangat bisa untuk menghilangkan masuk angin, apalagi buat bunda yang lagi hamil muda bisa menghilangkan mual2
  • sholihatin , Batu
    Jahe yg dicampur jeruk nipis n sdikit garam jg bisa digunakan u menghilangkan anyir pd ikan, dg mmbalurkan pd tubuh ikan yg sudah dibersihkan.
  • Dyah Iyut , Surakarta
    utk penawar masuk angin biasa aku seduh jahe yg sdh dibakar trus digeprek campur dg teh panas. klo sdh minum itu biasa badan jadi hangat
  • Novita Dian Purnama Sari ,
    jahe bisa juga u/ kecantikan lho, berguna bgi yg mempunyai kulit kering bisa tampak cerah, dg cara membuat krim jahe Cara membuat : 1. 2 inch irisan jahe segar 2. 1/2 cup krim cocoa 3. 2 sdt Vii E oil 4. 2 sdt minyak wijen 5. 2 sdt minyak buah aprikot 6. 5-6 tetes minyak jeruk Persiapan membuat krim jahe 1. panaskan oven pada suhu rendah. 2. parut potongan jahe tipis-tipis, dan peras himgga mendapatkan 1/8 sdt sari jahe. 3. Campurkan semua bahan dalam gelas. lalu panaskan semua campuran hingga krim cocoa mencair dan minyak menyatu dalam campuran. 4. tuang kedalam wadah kering dan bersih, tambahkan minyak jeruk untuk menambahkan efek menyenangkan pada krim tersebut dan dinginkan.
  • Irma Nuraisyah ,
    jahe juga bisa digunakan untuk luka, misalnya luka lutut karena jatuh, nah caranya jahe diparut,lalu dibungkus, lakukan malem, buka pada pagi hari...maka luka akan kering
  • Kurnia Nandar Waty , Kab. Bandung Barat
    seru tuh minum bandrek bahannya dari jahe ^^
  • dwi mulya puspitaningsih , Trenggalek
    kalau aq lagi radang tengorokan aq minum jahe yang diseduh air hangat plus sedikit gula.....





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Minyak Telon Konicare dengan aroma khasnya, juga bisa mencegah gigitan nyamuk. Usapkan selalu Minyak Telon Konicare, Karena kapan saja nyamuk bisa mengigit si kecil.
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...