Susu Dapat Membuat Anak Gemuk

Sejumlah besar ibu-ibu di Indonesia meyakini bahwa susu cair segar dapat membuat anak menjadi lebih gemuk, sehingga susu cair segar baik untuk dikonsumsi oleh anak dalam jumlah yang banyak.

Faktanya : Fakta yang dikemukakan oleh para ahli dari Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), susu cair segar tidak menyebabkan kegemukan pada anak. Bahkan ada fakta ilmiah yang membuktikan bahwa ketika anak meminum lebih dari 3 gelas susu cair segar dalam sehari, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, anjuran untuk minum susu pada anak sebaiknya tidak lebih dari 3 gelas setiap harinya.

Kemudian ingat pula bahwa memberikan susu cair pada anak setelah usianya diatas 12 bulan, karena telah diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak di umur tersebut. Manfaat susu cair segar memang tidak perlu diragukan lagi, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan karena justru dapat berdampak tidak baik pada anak.

Komentar Anda :
  • Novie Sanova Fatmala ,
    menurut saya kegemukan pada anak bisa dikarenakan pola makan yg tidak seimbang/kalori yg berlebih dari yg dibutuhkan oleh anak akan tertimbun menjadi lemak.. namun sekarang ini banyak susu yang mengandung gula berlebih dan kadar lemak tinggi.jadi para bunda harus cermat memilihkan susu untuk sikecil.
  • Lia Jasmine ,
    Anakku suka sekali minum susu tetapi dia tidak terlihat gemuk hanya badannya padat berisi karna selain konsumsi susu yang sehat makannya juga cukup nutrisi dan gizi.
  • Verena Fei ,
    menurut saya tdk selalu benar kalau susu membuat gemuk. Yang membuat gemuk adalah bila asupan kalori lebih banyak drpd energi yang keluar. anak saya suka sekali minum susu, baik itu susu formula maupun susu cair tapi berat badannya cenderung kurus krn dia aktivitasnya sangat tinggi
  • vira pahlevi , jember
    susu memang asupan yang sangat diperlukan untuk anak, pengaruhnya sangat besar sekali untuk pertumbuhan dan daya kembang si anak, tapi kita sebagai bunda berilmu juga bisa mengontrol asupan susu yg diberi ke si anak, agar bisa seimbang dengan kebutuhan asupan yang diperlukan dan menghindari terjadinya obesitas si anak.
  • Zami Mira ,
    anakku susah bgt minum susu makanya badan agak kecil kata orang susu pengaruhnya sangat bsr untuk pertumbuhan anak tapi aku hanya kasih asi mudahan vit jauh lebih baik dari sufor
  • Rina Tjhia , Singkawang
    Ada baiknya,susu diberi seimbangi juga dengan makanan 4 sehat 5 sempurna..sehingga anak2 tidak mengkonsumsi susu berlebihan dan gizi serta vitamin anak2 terpenuhi
  • Rix Shop ,
    selain mengatur frekuensi jumlah susu yang diminum dalam sehari, bunda juga harus memperhatikan kadar gula yang terkandung dalam susu tersebut. supaya anak2 kita tidak kelebihan kadar gula di dalam darahnya yang bisa menimbulkan berbagai penyakit nantinya.
  • Ratna NS , Bogor
    susu termasuk makanan yang bisa menahan lapar, makanya pemberian susu (maupun cemilan) ke anak sebaiknya dijaga jangan dekat2 waktu makan besar, sehingga kita bisa mendisiplinkan anak terhadap waktu makan dan membentuk kebiasaan yg baik.
  • Eka Widianti , Bangko
    Buat yang punya tekanan darah tinggi, kandungan potassium dan kalsium plus tambahan vitamin D yang terkandung dalam susu UHT, khususnya pada susu rendah lemak (non-fat), dapat membuat tekanan darah lebih cepat turun. Sebab, potassium, yang ada dalam susu UHT dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam susu UHT dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
  • Beetania Icecreamlover ,
    Yang penting pilihnya susu yang RENDAH LEMAK, alias LOW FAT. Itu yang membuat kita ngga gemuk. Kalau susu full cream kan tinggi lemak, maka bisa membuat gemuk kalau konsumsi terlalu sering.
  • Neyna Luph Lee , DKI Jakarta
    anjuran minum susu sebaiknya tidak lebih dari 500ml...susu membuat anak merasa lebih kenyang jadi akan membuat anak malas makan karna dia sudah merasa kenyang karna susu, namun susu bukan sumber gizi sempurna, anak tetap membutuhkan sumber gizi dari makanan alami...gemuk belum tentu sehat tidak gemuk belum tentu sakit, jadi yang penting sehat aja bund...hehehe...konsumsi makanan alami hindari yg instant-instant..
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Bayi dari kecil minum susu formula,jika dia balita lebih cenderung bisa jadi OBESITAS. Menyusui itu sendiri menghemat risiko bayi mengalami obesitas. Bagi bayi yang dibesarkan dengan susu formula, tampaknya menjadi sangat penting bahwa orang tua menunggu sampai bayi setidaknya empat bulan untuk memberi makan mereka makanan padat.
  • Ekiy Zahra Azriela ,
    Anak gemuk bukan karena minum susu yang melebihi batas takar.Tapi karena anak tersebut tidak banyak bergerak.Banyak ibu yg beranggapan anak g mau makan malah di ganti dengan minum susu.Padahal usia di atas 1 tahun susu hanya di berikan 3x sehari selebihnya anak harus makan nasi
  • siska aryani , sleman
    pada kenyataannya saat ini susu mengandung banyak gula yang membuat anak-anak rentan obesitas. para bunda baiknya lebih hati-hati untuk memilih susu untuk buah hati. diperhatikan komposisi yang tertera pada kemasan susu, alangkah baiknya bila si kecil di berikan asi eksclusiv.
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    Oh ya..Sewaktu saya kecil.Orangtua saya berusaha memeksa saya munum susu formula,biar saya sehat n gendut.Tapi saya tidak cocok,yang ada saya malah BAB saja.Akhirnya saya di kembalikan k ala herbal.Susu sari kedelai,ternyata dengan mengkonsumsi susu sari kedelai saya cocok n tambah besar,sehat n gendut.Jika ank anda tidak cocok susu formula,coba dengn susu sari kedelai saj.
  • Atikah Hanni ,
    Hmmm susu cair segar,sangat baik gizinya untuk tubuh. Asala penanganan dari peternakan atau dari pengelolanya bagus, sudah steril, tidak terkontaminasi zat berbahaya. Jujur aja anak saya setelah lepas ASI(2 tahun) langsung kenal dengan susu cair segar, dua hari sekali konsumsi 2 liter susu. Minumnya termasuk lumayan sering, memang tidak bikin gemuk, namun karena dibarengi aktivitas yang lumayan sering menguras tenaga, maka dia masih doyan makan. Biarkan anak bermain dengan teman2nya daripada menonton TV misalnya, karena dengan teman2nya mereka dpt bersosialisasi, bereksplorasi dengan alam dan sekitarnya serta ajarkan olahraga sejak dini. Seimbangkan kebutuhan akan susu dan makanan yg lain sehingga kebutuhan gizinya tercukupi.
  • Mulya Mulyani ,
    Susu cair segar bukanlah penyebab kegemukan pada anak. Faktor yang menyebabkan anak gemuk antara lain terlalu banyak mengkonsumsi makanan penuh karbohidrat, kurang olahraga, dan lain-lain. Jadi, jangan khawatir, nutrisi yang terkandung dalam susu tidak membawa ancaman obesitas. Yang pasti, usahakan agar anak anda minum susu secara teratur agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Karena susu cair segar diproses dengan metode Ultra High Temperature (UHT) yang memiliki beberapa keunggulan, yaitu: * Nutrisi pada susu UHT tetap terjaga karena susu dipanaskan dengan suhu 140 derajat dengan hanya 2 – 4 detik saja * Protein susu UHT lebih mudah dicerna dibanding protein susu jenis lainnya karena mengandung peptida dan asam amino yang mudah diserap di usus halus * Mineral dan vitamin susu UHT lebih mudah diserap oleh tubuh * Laktosa yang terkandung dalam susu membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh * Susu UHT tetap awet tanpa pengawet sepanjang kemasan tidak rusak atau bocor * Susu UHT lebih praktis dan aman untuk disimpan dalam suhu kamar
  • Sisca Yuliana Sari , Depok
    Sebenarnya yang menyebabkan gemuk itu karena anak kelebihan kalori dan kurang beraktifitas, seperti anakku yg pertama dulu sering makan (ngemil juga)tapi tdk pernah jajan, kurang gerak makanya umur 5 tahun berat badanya 35kg, aku konsul sama dokternya, anakku di suruh banyak gerak dan beraktifitas ternyata benar setelah sekolah dan banyak gerak berat badannya berkurang...jadi bukan di sebabkan karena banyak minum susu cair..susu cair sangat bagus buat tubuh karena belum di campur dengan bahan2 tertentu apalagi kita ambil dari tempat pelelangan...
  • Maria Yasinta Mada , Surabaya
    menurut kebiasaan si kecil,saya beri dia su2 cair segar n dia suka juga co2k dari pada saya beri su2 formula.tetapi saya memberinya sesudah makan,jika di berikan sebelum makan,wah....yg ada si kecil merasa kenyang dan tambah susah makan.
  • Marce Lay , Palembang
    kalau diminum sesuai anjuran InsyaAllah gak membuat anak gemuk koq. aku selalu memberikan buah hati tercinta susu yang sesuai dengan usia & perkembangannya. :)
  • mai rahwati , kediri
    Menurut saya menjadi gemuk kalo asupan kalori yg dimakan lbh besar dr yg di keluarkan untuk beraktifitas. Sedangkan kalo anak minum susu lebih dari 3 gelas dan tetap aktif beraktifitas jg gak akan gemuk. Anak sendiri punya rasa kenyang jg. Kalo udah kenyang dia gak akan makan/minum lg. Kalo urusan gak doyan makan sebaiknya sebelum 1 jam makan tidak diberikan susu
  • Listya Wattie Sondakh ,
    Berikanlah susu sesuai ϑengαn usia anak dan takarannya, sehingga bisa disesuaikan ϑengαn kebutuhan si. Anak
  • Bun Bun AzMi ,
    Susu yang terbaik hanyalah ASI sedangkan susu Formula adalah susu tambahan saja. Tetapi seandainya memang mengharuskan menggunakan susu formula harus lah dengan teliti apa saja yang terkandung dalam susu trsebut sehingga bisa menyesuaikan vitamin-vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk anak kita sehingga tidak menyebabkan kekurangan atau pun kelebihan.
  • Rini Sutriani , Bandung
    Tidak benar sepenuhnya kalau susu cair bikin gemuk, karena ada faktor genetik si anak dan dari asupan makanan jg, kalo cuma minum susu cair tp ga dibarengin dengan makanan yg bergizi ya ga akan gemuk juga...;)
  • Iecha Doank ,
    tidak semua sufor itu bisa membuat gemuk ibu2.... itu tergantung pada aktifitas anak2.... klw anak yg minum sufor hanya du2k ;n tidur2an saja itu memang bisa membuat tumpukab lemak di badan mereka, tp klw anak memiliki byk aktifitas dan bergerak itu bisa membantu menambah energi mereka dlm menjalani aktifitas harian mereka...............
  • wiwik tri hastuti , cilegon
    susu yg paling baik untk bayi 0-2 thn hanya ASI , slebihny klaupun mau dbrikn susu tmbhn boleh2 sj nmun mmg sbaikny dbatasi slain spy trhindar dr obesitas jg spy anak tdk trgntung dgn susu dn akhrny jd malas makan krn sdh knyang dgn susu, krn ssghny yg plng mdh trserap d tbh adl zat2 yg trkndng dlm menu mknn shri2..tnggl qt yg mnyiasati agr acr makan adl saat2 yg dtnggu anak2.. ;)
  • Rhe Dheeyana ,
    Saya mulai memberikan susu cair/UHT saat anak saya masuk usia 1 tahun..sejauh ini selalu rutin konsumsi tidak lebih dari 2 botol per hari. bagi saya susu cair ini hanya sebagai nutrisi tambahan untuk pertumbuhannya di samping makanan bergizi & juga ASI...
  • Dennisa Icha ,
    Kebetulan saya juga sudah memberikan susu tambahan untuk putri saya. Tapi karena putri saya aktif bergerak, jadi tidak terlalu terlihat gemuk. yg membuatnya nampak berisi itu karena ia sangat mudah dan suka makan. Alhamdulillah, hampir semua makanan (sehat) yg saya berikan, dia suka.
  • meli , Bekasi
    iya benar sekali anakku yang kecil sering mengkonsumsi sufor bisa lebih dari 4x sehari alhasil dia engga mau makan kalau disuapin alasannya sudah kenyang krn sufor bisa membuat anak menjadi kenyang terus
  • Uut Ujiya Ningsih , klaten
    susu cair atau biasa dikenal dengan susu uht itu lebih baik kandungan nutrisi,kalsium dan vitamin dan lainnya ketimbang susu bubuk.tapi apabila minum terlalu banyak tidak bagus,terlalu sedikit pun juga nggak bagus,jadi sedang-sedang saja sesuai takaran dan umur anak.Anak yang minum susu tidak semua nya gemuk,ada faktor-faktor lain yang bikin anak itu gemuk.saalnya anak saya perempuan minum susu cair tapi nggak gemuk.jadi anggapan susu bisa bikin gemuk anak itu sugesti dari masing-masing individu/ibu.
  • Fitri Yuliani ,
    Susu cair pada dasarnya memang bisa membuat si anak menjadi gemuk, tetapi tidak mutlak menjadi sebuah patokan bahwa dengan susa si anak bisa gemuk, tergantung faktor usia dan kebutuhan si anak.
  • Eka Widianti , Bangko
    Susu adalah minuman yang sangat menyehatkan dengan kandungan gizinya yang terhitung lengkap. Karena itu susu dianjurkan bagi semua kalangan. Untuk perkembangan sosok anak, minum susu merupakan salah satu sumber kalsium. Karena itu membiasakan minum susu, adalah hal yang penting. Bagi balita berusia 0 bulan hingga 2 tahun, minum Air Susu Ibu (ASI) adalah yang paling baik. Jika tidak bisa hingga 2 tahun, minimal bayi minum ASI ekslusif hingga 6 bulan, tanpa makanan pendamping lainnya.
  • Titah Gumantining Nova Steillen , Pangkalan Bun
    Bunda anak gemuk itu bukan karena susu. Justru susu bisa membantu melengkapi nutrisi bagi anak. Anak gemuk biasanya tidak seimbangnya pola makan dan aktifitasnya sehari - hari. Selain itu faktor keturunan juga bisa menjadi penyebabnya
  • Sri Solikhati ,
    anjuran untuk minum susu pada anak sebaiknya tidak lebih dari 3 gelas setiap harinya.jadi sebaiknya cukup 3 gelas saja ya minum susunya agar tetap nafsu makannya kalau kebanyakan minum susu jadi malas makan
  • Mulya Mulyani ,
    Susu membuat anak gemuk krn formula yang diperkaya dengan protein, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya yg akan menambah lemak tubuh. Sedangkan ASI diyakini berkaitan dengan pertambahan berat badan yg lebih perlahan bagi bayi, sebaliknya susu formula akan meningkatkan produksi sel lemak tubuh sehingga berat badan bayi akan bertambah dengan cepat. Jd berikan saja ASI ekslusif utk bayi selama 6 bln dan diteruskan smp anak berumur 2 tahun ya bunda..
  • Dewi kartika , Bandung
    Susu bisa menjadi gizi utama atau penyempurna tergantung pada siapa dan bagaimana kondisi yang meminumnya,"Susu adalah makanan utama bagi bayi di bawah enam bulan. Selain memberikan daya tahan dan kekebalan bagi tubuh bayi, komposisi nutrisi dalam ASI Iair Susu Ibu) juga memenuhi semua kebutuhan gizi bayi. Melewati usia enam bulan, susu bergeser fungsi, yakni jadi makanan tambahan. Menginjak usia 12 tahun, seorang anak masih membutuhkan 1-2 gelas susu per hari. Makin banyak hitungan usia, fungsi susu sebagai makanan utama makin bergeser hingga akhirnya tergantung pada asupan gizi seseorang. Untuk mencapai tumbuh kembang yang sempurna, asupan gizi manusia harus tercukupi. Beberapa zat gizi yang harus ada dalam makanan sehari-hari adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air.
  • Hendry Wijayanti , Pati
    Menurut saya menjadi gemuk kalo asupan kalori yg dimakan lbh besar dr yg di keluarkan untuk beraktifitas. Sedangkan kalo anak minum susu lebih dari 3 gelas dan tetap aktif beraktifitas jg gak akan gemuk. Anak sendiri punya rasa kenyang jg. Kalo udah kenyang dia gak akan makan/minum lg. Kalo urusan gak doyan makan sebaiknya sebelum 1 jam makan tidak diberikan susu,karena perut masih kenyang dan efek laparpun gak ada jadi gak doyan makan deh..





KONICARE TVC


Loading...

Tahukah Anda?

Minyak Telon Konicare dengan aroma khasnya, juga bisa mencegah gigitan nyamuk. Usapkan selalu Minyak Telon Konicare, Karena kapan saja nyamuk bisa mengigit si kecil.
Wajah kusam dan tidak cerah? Anda juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan masker di salon ? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker murah sendiri di...
Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang seringkali diucapkan para orang tua. Mungkin Anda pernah mendengar satu diantaranya:  Yang terpenting adalah Anda tetap...